4 Tips Untuk Mengatasi Rasa Tidak Dihargai di Tempat Kerja

0
432
4 Tips Untuk Mengatasi Rasa Tidak Dihargai di Tempat Kerja

4 Tips Untuk Mengatasi Rasa Tidak Dihargai di Tempat Kerja – Wajar bila seseorang akan merasa kecewa ketika kerja keras yang dilakukan ini tidak dihargai. Dalam dunia kerja hal tersebut juga sering terjadi. Kita sebagai karyawan sudah bekerja keras untuk memberikan hasil maksimal, tapi perusahaan tidak memberikan umpan balik positif.

baca juga : Tips Untuk Tetap Produktif Di Tempat Kerja Meski Sedang Bad Mood

Alhasil membuat kita jadi merasa malas untuk mengerjakan pekerjaan. Produktivitas pun menjadi lebih berkurang dan hasilnya menjadi kurang maksimal. Bahkan ada karyawan yang merasa sudah tidak tahan karena tidak dihargai berakhir resign dari perusahaan.

Berikut ini 4 tips buat anda untuk bisa mengatasi rasa tidak dihargai di tempat kerja :

Coba untuk Speak Up

Bila anda sudah merasa muak dengan rasa tersebut, cobalah untuk speak up kepada rekan kerja ataupun atasan. Mungkin saja mereka sibuk sehingga kurang memperhatikan ini.

Jadwalkan waktu dengan rekan kerja atau atasan, kemudian speak up melalui perasaan kamu itu. Kemudian minta kembali umpan balik mereka. Sebaiknya dibicarakan baik-baik daripada dipendam sendiri yang bisa buruk terhadap mental kita sendiri.

Tingkatkan Visibilitas

Bukan berarti anda harus cari muka terus pada atasan ya. Aksi yang mungkin bisa anda lakukan seperti lebih banyak bicara dan memberikan ide ketika ada rapat atau sedang membahas suatu gagasan. Hal ini tentu cukup mengundang perhatian dari banyak karyawan.

Baik itu dari atasan maupun rekan kerja lainnya. Namun jangan berlebihan sebab tentu saja bisa jadi perbincangan rekan kerja lainnya bahwa anda ini sedang cari muka. Bila ada rekan kerja lain yang memberi ide pun, coba untuk mendukung ide tersebut seperti memberi pujian yang tulus. Lama kelamaan tentu saja anda akan dilihat lebih positif di mata rekan kerja ataupun atasan.

Coba Lakukan Perubahan

Bila berbagai cara sudah di coba dan hasilnya sama aja, coba lakukan sebuah perubahan. Perubahan ini seperti pengetahuan atau skill baru yang dapat membuka relasi kariermu.

Perubahan ini juga berguna untuk kesehatan mental, apalagi bila anda sudah berpikir untuk berubah karier.

Coba Untuk Mencari Motivasi Kerja

Bila tidak bisa mengharapkan rasa dihargai dalam perusahaan, coba kita mencari motivasi intrinsik dalam diri. Motivasi intrinsik ini bisa menjadi penggerak kuat anda dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

Bila anda sudah memahami makna dari pekerjaanmu, maka karier pun bisa naik. Validasikan bila anda ini bangga dengan kemampuan anda sehingga bisa lebih maju tanpa perlu mencari rasa dihargai di perusahaan.

Perasaan tidak dihargai dalam lingkungan kerja tentu saja sangat tidak menyenangkan. Selain bisa menurunkan performa kerja, bisa juga membuat kita stress. Jadi bila anda sudah merasa berada pada fase ini, coba untuk ikuti tips-tips diatas ini agar bisa membalikkan keadaan.