6 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan oleh Karyawan Baru

0
61
6 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan oleh Karyawan Baru

6 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan oleh Karyawan Baru – Sebagai seorang karyawan baru, tentu anda ingin dilihat sebagai orang yang berkompeten. Sayangnya seringkali karyawan baru melakukan kesalahan yang cukup fatal di hari pertamanya bekerja. Tentu anda tidak mau dijauhi atau bahkan dimusuhi oleh rekan kerja sekantor.

Perlu diingat bahwa terkadang lingkungan kantor dapat berubah menjadi tempat persaingan bak hutan rimba. Bila anda tidak ingin hal tersebut terjadi, terdapat beberapa hal atau aturan yang wajib anda ingat di hari-hari pertama bekerja. Penasaran? Yuk simak langsung berikut ini.

Baca juga : Tips Agar Kerja Remote Lebih Nyaman

6 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan oleh Karyawan Baru

Unjuk Skill dan Kemampuan

Banyak orang yang sangat semangat menjalani hari pertamanya bekerja. Bahkan sampai memamerkan skill dan kemampuan yang dimiliki ke rekan kerja lainnya. Perlu diingat bahwa dengan melakukan hal tersebut, anda hanya akan dicap sebagai orang yang sombong dan suka membanggakan diri sendiri.

Sebagai karyawan baru, alangkah baiknya untuk tidak bersikap berlebihan dan menghormati senior meskipun jika tempat anda bekerja tidak menerapkan senioritas.

Tidak Menyapa

Mau sependiam apapun anda, jangan lupa untuk tetap bersikap ramah dan menyapa rekan kerja. Tak hanya dengan rekan kerja sekitar saja, jika berpapasan di jalan juga bisa disapa. Dengan begitu, anda akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan kantor dan rekan kerja.

Menolak Tugas yang Diberikan

Buat anda yang baru masuk kerja, jangan pernah coba-coba untuk menolak pekerjaan yang diberikan. Meskipun pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan job description anda, pekerjaan tersebut tetap harus anda kerjakan. Menolak pekerjaan di hari-hari pertama anda hanya akan membuat anda dicap tidak bisa bekerja atau bahkan lebih parahnya dipecat.

Pulang Cepat

Langsung pulang begitu waktu menunjukkan jam pulang sangat tidak disarankan buat anda yang masih bekerja di hari-hari pertama. Dengan melakukan hal tersebut, anda akan menunjukkan kesan bahwa anda tidak nyaman bekerja di kantor dan ingin cepat-cepat pulang.

Sebaiknya anda perhatikan dahulu lingkungan kerja dan rekan-rekan kerja anda. Ketahui dahulu pola dan ritme kerja di kantor agar anda bisa menyesuaikan diri dengan baik.

Mengeluh

Mengeluh di awal-awal bekerja hanya akan membuat anda dicap sebagai orang yang lemah dan tidak profesional. Namun bukan berarti anda tidak boleh mengeluh. Simpan keluh kesah anda di masa-masa pertama bekerja.

Minta Kenaikan Gaji

Baru beberapa bulan bekerja anda sudah minta kenaikan gaji? Tentu saja ditolak. Apalagi kalau kinerja anda biasa-biasa saja dan masih banyak melakukan poin-poin diatas. Tidak dipecat saja sudah syukur. Jadi sebaiknya hindari menanyakan kenaikan gaji apabila anda belum memberikan kontribusi yang besar pada perusahaan.