Tips Menulis Resume Posisi Programmer

0
47
Berikut Tips Menentukan Harga Untuk Seorang Freelancer
Ilustrasi

KitaKerja.com – Menjadi seorang programmer memerlukan keterampilan coding yang bagus dan kemampuan tersebut harus jelas terlihat di resume. Jika anda tertarik bekerja di posisi programmer, berikut beberapa panduan yang perlu anda lakukan dalam menyusun resume dengan baik agar HRD tertarik melirik anda.

Mulai dengan Ringkasan Profil

Di bagian atas resume, sertakan ringkasan singkat tentang latar belakang Anda, keterampilan utama, dan tujuan karier. Ini memberikan gambaran cepat kepada perekrut mengenai siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan.

Soroti Keterampilan Teknis

Cantumkan bahasa pemrograman yang Anda kuasai, seperti Python, Java, C++, JavaScript, atau lainnya. Sertakan keterampilan dengan tools dan teknologi relevan, seperti Git, Docker, atau framework seperti React atau Angular. Jelaskan proyek-proyek yang telah Anda kerjakan, baik itu proyek akademik, pribadi, atau profesional. Sertakan detail mengenai peran Anda, teknologi yang digunakan, dan hasil yang dicapai.

Cantumkan Pendidikan dan Sertifikasi

Sebutkan gelar yang Anda peroleh, nama institusi, dan tahun kelulusan. Jika Anda memiliki gelar di bidang terkait, seperti Teknik Informatika, pastikan untuk menekankan hal tersebut. Jika Anda memiliki sertifikasi tambahan seperti AWS Certified Developer atau Certified ScrumMaster, sertakan informasi ini untuk menambah kredibilitas Anda.

Pengalaman Kerja

Daftarkan pekerjaan sebelumnya dengan detail mengenai tanggung jawab dan pencapaian Anda. Gunakan bullet points untuk memudahkan pembaca dan fokuskan pada hasil konkret yang telah Anda capai.

Keterampilan Lain

Meskipun keterampilan teknis penting, soft skills seperti kemampuan komunikasi, problem-solving, dan kerja tim juga sangat berharga. Sebutkan keterampilan ini jika relevan.

Menyusun resume dengan efektif adalah kunci untuk mendapatkan perhatian perekrut dan meningkatkan peluang anda mendapatkan posisi yang dilamar. Pastikan untuk menyoroti keterampilan teknis dan pengalaman relevan, serta menunjukkan antusiasme dan motivasi anda untuk bergabung dengan perusahaan. (mgn2)