Alasan Mengapa Magang itu Penting Untuk Mahasiswa

0
125
Alasan Mengapa Magang itu Penting Untuk Mahasiswa

Alasan Mengapa Magang itu Penting Untuk Mahasiswa – Biasanya sering kali mahasiswa tidak mau untuk mengikuti mata kuliah magang ataupun magang secara mandiri. Padahal banyak sekali alasan mengapa magang sangat penting untuk mahasiswa.

baca juga : Tips untuk Anda yang Ingin Berpindah Karir

Magang pada dasarnya berusaha untuk memperkenalkan mahasiswa terhadap dunia kerja. Program magang ini membuat mahasiswa lebih mengenal bagaimana dunia pekerjaan. Bila anda tidak memiliki mata kuliah magang pada jurusan anda, anda bisa mencoba banyak lowongan magang.

Terlepas dari kewajiban untuk mendapatkan nilai, ada banyak manfaat lainnya pada magang. Lalu apa saja alasan yang mengharuskan mahasiswa untuk mengikuti magang?

Berikut ini alasan mengapa magang itu penting untuk mahasiswa

Pengembangan Skill

Ketika mengikuti program magang, mahasiswa harus lebih banyak mengenal berbagai keterampilan, kelebihan serta kelemahan diri sendiri. Hal ini disebabkan karena ketika mahasiswa sedang magang, mahasiswa tersebut akan mendapatkan feedback dari atasan. Melalui feedback tersebut mahasiswa dapat mengevaluasi diri sendiri sekaligus mengasah kemampuan yang dimiliki

Gambaran mengenai dunia kerja

Magang juga dapat berfungsi untuk memberikan pengenalan kepada mahasiswa mengenai bagaimana sih dunia kerja. Mahasiswa juga dapat belajar mengenai lingkungan hingga politik dalam dunia kerja.

Networking

Ketika mengikuti program magang, pasti anda akan berhubungan dengan banyak orang. Bisa saja anda ada tugas untuk menghubungi seseorang dari kantor lain atau bahkan ikut dalam event tertentu. Saat itulah menjadi kesempatan anda untuk membangun networking secara maksimal. Networking ini tidak menutup kemungkinan akan menjadi suatu hal yang bermanfaat untuk anda di kemudian hari.

Dapat diangkat menjadi pegawai perusahaan

Tidak menutup kemungkinan bila mahasiswa yang magang dalam sebuah perusahaan ini bisa diangkat menjadi karyawan. Bila perusahaan memang membutuhkan keahlian anda, pastinya mereka akan menawarkan posisi karyawan.

Pengalaman Kerja

Bila anda sudah menjadi fresh graduate, pastinya anda akan mencari pekerjaan. Sebagian besar lowongan pekerjaan pasti memiliki kualifikasi “berpengalaman”. Dengan mengikuti magang, anda sudah memenuhi satu kualifikasi tersebut. Selain itu pengalaman magang juga membantumu untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Nah itu dia alasan penting mengapa magang itu sangat penting untuk anda yang masih berstatus sebagai mahasiswa. Tapi anda harus tetap pintar untuk membagi waktu antara magang dengan kegiatan perkuliahaanmu. Jangan sampai untuk mengabaikan semua kepentingan perkuliahan karena sibuk magang.

baca juga : Hal Yang Wajib Ditanyakan Ketika Interview Dengan HRD

Bila anda sudah tamat kuliah ataupun sudah selesai melakukan magang, anda dapat mulai mencari lowongan pekerjaan di kitakerja.com. Kitakerja.com dapat membantu anda untuk mencari lowongan pekerjaan khususnya anda yang baru saja fresh graduate. Yuk kunjungi kitakerja.com untuk mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru.