Attitude yang Bikin HRD Tertarik Ketika Interview

0
428
Attitude yang Bikin HRD Tertarik Ketika Interview

Attitude yang Bikin HRD Tertarik Ketika Interview – Wawancara kerja atau biasa disebut interview merupakan salah satu hal penting dalam proses perekrutan karyawan baru. Banyak sekali calon karyawan dengan CV yang bagus namun gagal dalam tahap ini.

baca juga : Meningkatkan Kualitas Profil LinkedIn Biar Menjadi Sasaran HRD

Hal ini membuktikan bahwa dalam dunia kerja tidak hanya melihat dari pengalaman kerja saja. Poin penting dalam interview yang sering dilupakan atau dianggap sepele oleh para calon karyawan adalah gestur serta sikap yang ditunjukkan. Nah jadi sikap atau gestur tubuh seperti apa yang dapat membantu proses interview ini?

Berikut ini attitude yang bikin HRD lebih tertarik dengan anda ketika interview :

Penampilan

Hal pertama yang dilihat oleh HRD pastinya penampilan anda. Tapi penampilan disini bukan berarti anda harus menggunakan baju serta celana yang branded ya. Cukup pakaian formal yang rapi serta bersih saja.

Penampilan pada dasarnya akan memberikan energi positif pada diri anda sendiri sehingga cukup menarik perhatian HRD ketika melihat penampilan anda. Tapi perlu diingat bahwa anda perlu menghindari sesuatu yang berlebihan seperti riasan wajah yang terlalu norak, pewangi yang berlebihan, serta aksesoris yang tidak penting.

Percaya Diri

Coba untuk memperhatikan seluruh aspek yang ada pada diri anda. Ketika duduk, coba untuk tegakkan punggung dan lebarkan bahu, hal ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa anda ini orang yang percaya diri serta profesional.

Ketika berjabat tangan, cobalah untuk menggenggam tangan dengan yakin serta solid. Tujukan kontak mata serta tersenyum. Jangan menunjukkan pergerakan yang terlalu berlebihan, kemudian perhatikan juga intonasi serta kecepatan anda dalam berbicara. Pastikan anda berbicara dengan jelas dalam interview.

Menunjukkan Ketertarikan

Ketika wawancara, cobalah untuk mencurahkan diri sepenuhnya ketika wawancara. Tunjukkan bahwa anda hadir dalam interview ini membawa hati serta pikiran anda. Presentasikan diri anda dengan ketertarikan anda pada pekerjaan serta perusahaan yang anda lamar ini.

Contohnya bila anda melamar dalam bidang pemasaran, cobalah untuk menunjukkan bagaimana ketertarikan anda dalam dunia pemasaran.

Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih

Ketika anda selesai melakukan interview, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pewawancara karena sudah memberi kesempatan dan meluangkan waktunya. Tapi ucapan ini pun jangan terkesan buru-buru, tetap santai dan ucapkan dengan baik.

Kemudian jangan lupa untuk mengirimkan e-mail berisi ucapan terima kasih juga, katakan bahwa anda senang karena bisa mendapat kesempatan untuk wawancara dan juga anda mendapatkan banyak hal baru dalam wawancara tersebut.

Nah itu dia attitude yang membuat HRD dapat tertarik dengan anda ketika melakukan interview. Ingatlah ini bukan berarti memaksa anda untuk muka dua, namun hal ini tentu dapat membantu anda untuk melewati interview serta memberi kesan baik kepada HRD. Semoga bermanfaat.