Beberapa Alasan Mengapa Istirahat Cukup itu Sama Pentingnya dengan Bekerja Keras

0
78
Beberapa Alasan Mengapa Istirahat Cukup itu Sama Pentingnya dengan Bekerja Keras

Beberapa Alasan Mengapa Istirahat Cukup itu Sama Pentingnya dengan Bekerja Keras – Memang bekerja keras itu perlu, apalagi untuk kita yang memiliki tanggungan serta prioritas yang diutamakan. Bekerja itu telah menjadi sebuah keharusan untuk kita. Tapi walau begitu, beristirahat juga sama pentingnya dengan bekerja keras.

baca juga : Tips Meminta Ganti Jadwal Interview Jika Bentrok

Setiap orang pasti memiliki kesulitan tersendiri dalam menjalani hidup. Rutinitas kerja juga bisa menguras energi yang ada. Maka dari itu, setelah rutinitas kerja yang menguras energi ini dikeluarkan, kita juga perlu istirahat cukup untuk mengisi energi tersebut.

Berikut ini Alasan Mengapa Istirahat Cukup itu Penting

Bekerja berlebihan bisa menimbulkan burn out

Ketika tubuh capek karena pekerjaan, waspada pada gejala burn out. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena bisa membuat dirimu ambruk. Biasanya gejala burn out itu ditandai dengan perasaan frustasi, gangguan kognitif, emosi yang susah dikendalikan, merasa tidak puas, kesehatan terganggu, serta pikiran terbayang terus pekerjaan. Bila gejala tersebut anda rasakan, disarankan untuk beristirahat, bisa dengan liburan atau cuti sejenak.

Beristirahat untuk mengisi energi

Karena rutinitas yang padat, pasti energi terkuras dan lelah. Bila tidak meluangkan waktu untuk istirahat, yang terjadi adalah kita bisa aja jatuh sakit dan kewalahan. Imunitas juga ikut turun dan mudah jatuh sakit. Maka dari itu istirahat itu perlu untuk memulihkan diri serta mengisi ulang energi.

Sayangi diri anda sendiri

Ingat, hidup hanya sekali, bekerja memang memakan waktu banyak dan energi kita. Tapi bukan berarti semua energi dan waktu dihabiskan hanya untuk bekerja. Sayangilah diri anda, bagilah waktu anda untuk menyenangkan diri sendiri dan menikmati hidup sama seperti anda menjalani rutinitas kerja.

Menjaga kesehatan jiwa

Bagi anda yang selama ini selalu multitasking, anda perlu mengambil jeda dan mengatur waktu agar tidak selalu melakukan multitasking. Bila anda terus menerus melakukan pekerjaan secara multitasking, anda akan mendapatkan gangguan dan butuh waktu yang lama untuk menyelesaikan pekerjaan. Kesehatan jiwa itu penting seperti kesehatan raga. Tubuh dan pikiran saling terhubung, bila tubuh sudah kewalahan dalam pekerjaan, maka pikiran juga akan mudah stress. Hal ini berpengaruh pada kesehatan. Maka dari itu istirahatlah dengan teratur.

baca juga : Ternyata Multitasking Berbahaya Loh Buat Kesehatan!

Jadi apakah anda bisa membagi waktu untuk istirahat dan bekerja dengan seimbang? Jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja keras, ingat sayangi tubuh anda. Bagilah porsi bekerja anda untuk beristirahat, jadi waktu istirahat dan bekerja itu seimbang, tubuh dan jiwa raga juga bisa sehat.