Begini Cara Mengatasi Atasan yang Tidak Bersikap Adil

0
941
Begini Cara Mengatasi Atasan yang Tidak Bersikap Adil

Begini Cara Mengatasi Atasan yang Tidak Bersikap Adil – Dalam dunia kerja, atasan kerap kali dijadikan sebagai mentor atau panutan. Ilmu yang didapatkan dari atasan tentu dapat membantu kita untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik lagi. Sayangnya tak semua atasan memiliki sifat mengayomi karyawannya.

Yang lebih parah lagi adalah atasan yang hanya memberikan arahan kepada karyawan tertentu saja. Jika anda termasuk salah satu orang yang mengalami hal tersebut, wajar bila anda merasa terkucilkan dan sakit hati. Untuk anda mengomentari sifat dari atasan terbilang kurang etis, namun ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghadapi hal tersebut.

Baca juga : Tanda-Tanda Bahwa Teman Kerjamu Tidak Toxic

Begini Cara Mengatasi Atasan yang Tidak Bersikap Adil

Kenali Sifat Atasan

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengenali dahulu sifat dari atasan anda. Bisa jadi ia tampak pilih kasih karena kinerja anda masih jauh dari rekan anda. Jika hal tersebut benar, maka yang harus anda lakukan adalah mencoba untuk menjadi lebih baik lagi dan meningkatkan kemampuan anda.

Namun jika anda sudah menjadi lebih baik namun tetap diacuhkan, saatnya untuk mendiskusikan hal tersebut secara empat mata dengan atasan. Gunakanlah cara-cara yang profesional dan jangan sampai terbawa emosi.

Kendalikan Perasaan Anda

Rasanya memang sangat menyebalkan ketika anda sudah berusaha memberikan yang terbaik, namun tidak diperhatikan oleh atasan. Ketika melakukan kesalahan, baru anda diperhatikan.

Meski mengalami hal tersebut, cobalah untuk tidak terlalu bersikeras untuk mendapatkan perhatian tersebut. Yang ada malah fokus anda akan berubah menjadi mencari perhatian atasan.

Cobalah untuk belajar mengendalikan perasaan anda sehingga anda menjadi lebih positif terhadap segala hal yang terjadi di kantor.

Introspeksi Diri Sendiri

Jika apapun yang anda kerjakan selalu salah di mata atasan, cobalah untuk introspeksi diri sesering mungkin. Mungkin saja memang ada yang salah dengan hasil kerja anda.

Tak hanya dari segi pekerjaan saja, introspeksi juga bisa dilakukan pada sikap anda. Mungkin anda pernah tidak sengaja menyinggung atasan ataupun rekan kerja tanpa anda sadari.

Introspeksi diri sendiri tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sebaiknya luangkan waktu khusus untuk melakukan hal tersebut.

Jalin Komunikasi Dengan Baik

Bisa jadi bukan atasan yang pilih kasih, namun anda yang tidak terlalu akrab dan bergaul dengan sesama rekan kerja. Cobalah untuk membuka diri dan menjalin komunikasi yang lebih baik dengan atasan dan rekan-rekan kerja di kantor.

Komunikasi yang dimaksud bisa mengenai pekerjaan agar tidak dianggap cari muka kepada atasan. Jika anda merasa terlalu sulit, anda bisa mencoba dengan menyapa atasan ketika berpapasan atau sekedar mengucapkan selamat pagi.

Speak Up

Memendam berbagai hal atau uneg-uneg memang sangat tidak nyaman. Jika memungkinkan, cobalah untuk menyampaikan uneg-uneg agar diri merasa lebih lega dan nyaman.

Tidak masalah untuk speak up masalah yang anda alami kepada atasan selama masih sopan dan bersikap profesional. Dengan speak up, kinerja anda akan lebih diperhatikan oleh atasan.