Begini Etika Mencari Kerja Ketika Masih Menjadi Pegawai Aktif

0
113
Begini Etika Mencari Kerja Ketika Masih Menjadi Pegawai Aktif

Begini Etika Mencari Kerja Ketika Masih Menjadi Pegawai Aktif – Tak jarang seseorang memutuskan untuk mencari pekerjaan lain ketika masih aktif menjadi pegawai di sebuah perusahaan. Hal ini biasanya terjadi karena lingkungan kerja yang toxic atau pekerjaan yang tidak cocok.

Jika kamu mengalami hal tersebut, wajar-wajar saja memiliki keinginan untuk mencari pekerjaan baru. Namun, perlu diketahui bahwa mencari pekerjaan baru harus sesuai dengan etika. Jika tida, bisa-bisa kamu malah diberhentikan sebelum mendapatkan pekerjaan baru.

Lantas bagaimana etika mencari kerja ketika masih menjadi pegawai aktif? Simak langsung dibawah ini.

Baca juga: Pilihan Karier yang Cocok Untuk Anda Lulusan Sistem Informasi

Hindari mencari kerja saat jam kerja

Etika pertama dan yang paling penting adalah jangan melamar kerja atau mencari kerja di jam kantor. Meskipun tidak ada yang melihat, kamu masih tetap memiliki kewajiban yang harus dikerjakan. Selain berisiko ketahuan rekan kerja atau atasan, hal tersebut juga dapat mengurangi kinerjamu.

Rahasiakan dahulu

Perlu diketahui, melamar pekerjaan adalah urusan pribadi sehingga tidak perlu orang lain ketahui. Kamu perlu bijak dalam memilih waktu yang tepat untuk memberitahu rekan kerja. Rahasiakan dahulu sampai kamu benar-benar sudah lolos wawancara atau diterima.

Pandai mengatur jadwal

Dalam melamar pekerjaan, tentu kamu akan melewati berbagai tahapan wawancara dan tes. Mengingat kamu masih memiliki pekerjaan aktif, penting untuk dapat mengatur jadwal dengan baik sehingga tidak mengganggu pekerjaan kamu.

Jangan terlalu menonjolkan perbedaan

Jika biasanya kamu memakai pakaian casual di kantor dan kemudian tiba-tiba menggunakan pakaian yang rapi karena akan melaksanakan wawancara sepulang kerja, tentu rekan-rekan kerja akan menebak-nebak apa yang sedang terjadi. Hal ini dapat membuat kamu kehilangan simpati dari rekan kerja.

Perhatikan sosial media

Sosial media seperti LinkedIn memang seringkali digunakan untuk mencari pekerjaan. Jika kamu juga menggunakannya, pastikan untuk tidak menuliskan status “looking for a job”. Hal tersebut tentu bisa menarik perhatian rekan kerja dan atasanmu.

Tetap produktif dan bekerja dengan baik

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah tetap menjaga performa kerja. Meskipun kamu sedang semangat dalam mencari pekerjaan baru, jangan lupa bahwa kamu masih memiliki tanggung jawab dan kewajiban di perusahaan sekarang.