Begini Jawaban untuk Pertanyaan Rencana 5 Tahun ke Depan

0
91
Begini Jawaban untuk Pertanyaan Rencana 5 Tahun ke Depan

Begini Jawaban untuk Pertanyaan Rencana 5 Tahun ke Depan – Pernahkah kamu ditanya oleh HRD apa rencana 5 tahun ke depan? Pertanyaan seperti ini memang sering dilontarkan oleh HRD dan user ketika sedang melakukan wawancara kerja. Tujuan dari menanyakan pertanyaan ini adalah untuk mengetahui apa visi kamu dalam bekerja selama kurun waktu tersebut.

Hal ini dilakukan juga agar HRD atau user mengetahui apakah visi kamu sejalan dengan perusahaan atau malah bertolak belakang. Sayangnya seringkali calon karyawan menjawab pertanyaan ini tanpa persiapan atau tercetus begitu saja tanpa dipikirkan dengan baik.

Lantas bagaimana sih cara menjawab pertanyaan tersebut? Yuk simak langsung tipsnya berikut ini!

Baca juga : Hal Menyakitkan yang Bisa Ditemukan Dalam Dunia Kerja

Begini Jawaban untuk Pertanyaan Rencana 5 Tahun ke Depan

Begini Jawaban untuk Pertanyaan Rencana 5 Tahun ke Depan

Sesuaikan dengan minat dan skill anda

Bekerja di bidang yang kamu sukai tentu akan membuat kamu lebih bersemangat dan produktif. Tentu saja hal ini juga harus dibarengi dengan kemampuan dan keahlian terkait dengan bidang tersebut.

Jawaban pertama yang bisa kamu berikan untuk menjawab pertanyaan rencana 5 tahun ke depan adalah menyesuaikan minat dan keahlian. Misalnya, saya ingin fokus ke bidang digital marketing, terutama di bagian copywriter atau social media officer.

Jawaban seperti ini menunjukkan bahwa kamu ingin mencoba sesuatu yang baru sesuai dengan minat dan ingin meningkatkan skill dan pengalaman anda.

Sampaikan cara kamu mengembangkan diri

Perusahaan tentu berharap kamu dapat memberikan kontribusi lebih selain mengerjakan tugas yang ada nantinya. Hal ini tentu dapat kamu capai dengan cara meningkatkan skill dan kemampuan anda.

Kamu bisa menjawab pertanyaan rencana 5 tahun ke depan dengan menyampaikan bagaimana cara kamu mengembangkan diri anda. Salah satu contohnya adalah saya ingin mengambil kursus atau seminar mengenai SEO, digital marketing, atau social media marketing.

Jangan terlalu ambisius

Lantas jawaban seperti apa yang harus dihindari? Sebisa mungkin hindari jawaban yang terlalu muluk atau ambisius. Optimis memang penting di dunia kerja, namun harus dibarengi dengan kemampuan yang memadai.

Terkadang banyak sekali pekerja yang baru mulai bekerja memberikan jawaban yang terlalu ambisius seperti ingin menjadi Direktur Utama dalam waktu 5 tahun kedepan. Padahal dirinya masih belum memiliki pengalaman bekerja sama sekali dan baru mulai terjun ke dunia kerja.

Perlu diingat, dunia kerja itu keras. Tidak semudah omongan yang tercetus begitu saja. Untuk memiliki jabatan yang tinggi, diperlukan kerja keras dan mengorbankan banyak hal.

Oleh karena itu, tidak perlu muluk-muluk atau terlalu ambisius saat ditanyai pertanyaan rencana 5 tahun ke depan. Berikan jawaban yang tepat dan realistis seperti pengembangan diri dan sebagainya.