Begini Perbedaan Interview HRD dan User yang Harus Diketahui

0
60
Begini Perbedaan Interview HRD dan User yang Harus Diketahui

Begini Perbedaan Interview HRD dan User yang Harus Diketahui – Dalam mencari pekerjaan, interview menjadi salah satu tahap yang harus dilewati. Interview sendiri menjadi tahapan dimana perusahaan akan menilai karakter dan kemampuan kamu sebelum diterima bekerja.

Oleh karena itu, sebelum menjalani interview, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik agar kesempatan diterima lebih besar.

Umumnya proses interview terbagi menjadi 2, yaitu interview HRD dan interview User. Keduanya tentu berbeda mengingat interview akan dilakukan oleh 2 pihak yang berbeda. Pertama-tama kamu akan menghadapi interview HRD dan di tahap berikutnya adalah interview user.

Lantas apa yang membedakan keduanya? Simak langsung berikut ini!

Baca juga : Peluang Kerja yang Cocok Untuk Jurusan Teknik Informatika

Begini Perbedaan Interview HRD dan User yang Harus Diketahui

Interview HRD

Sesuai namanya, interview HRD merupakan proses interview yang dilakukan oleh HRD perusahaan. Interview HRD juga menjadi proses pertama yang akan kamu lalui sebelum mendapatkan pekerjaan.

Pada tahap ini, kamu akan mendapatkan berbagai pertanyaan terkait dengan lamaran yang kamu ajukan. Ada beberapa perusahaan yang juga mengadakan psikotes sebelum proses interview HRD.

Pihak HRD biasanya akan mencoba untuk mengenal karakter dan kemampuan yang kamu miliki. Hal tersebut dilakukan agar perusahaan dapat mengetahui apakah kamu cocok dengan posisi yang ditawarkan.

Meski pertanyaan- pertanyaan yang ditanyakan HRD terbilang umum, namun kamu tetap harus mempersiapkan diri karena biasanya interview HRD menjadi penentu apakah kamu akan lanjut ke proses interview berikutnya atau tidak.

Interview User

Jika sudah lolos interview HRD, selanjutnya kamu akan menjalani interview user. Dalam proses ini, kamu akan berhadapan dengan calon atasanmu. Calon atasan tentu ingin mengetahui lebih detail mengenai kemampuan yang kamu miliki.

Selain itu, user juga seringkali menanyakan pengalaman dan hasil kerja di bidang yang kamu geluti. Jika HRD lebih banyak menanyakan seputar pribadi dan latar belakang, maka user akan lebih fokus ke bagian teknik. Oleh karena itu, persiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Itulah perbedaan antara interview HRD dengan interview user yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here