Begini Tips Menghadapi Beban Kerja yang Berat

0
70
Begini Tips Menghadapi Beban Kerja yang Berat

Begini Tips Menghadapi Beban Kerja yang Berat – Bekerja menjadi karyawan dengan posisi rendah sudah pasti memiliki beban kerja yang berat dan tinggi. Bahkan dalam kondisi tertentu, hal tersebut dapat meningkat hingga berkali-kali lipat. Misalnya sedang ada pekerjaan tambahan yang mengharuskan anda untuk lembur ataupun bekerja lebih dari job description yang diberikan.

Meski begitu, anda harus tetap bersyukur karena memiliki pekerjaan tetap. Lagipula beban kerja yang berat dan tinggi dapat diatasi dengan beberapa tips seperti berikut ini. Penasaran? Yuk simak langsung!

Baca juga : Tips Buat Anda yang Bingung Mau Ngapain Setelah Terkena PHK

Begini Tips Menghadapi Beban Kerja yang Berat

Susun Prioritas Pekerjaan

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyusun skala prioritas pekerjaan. Pekerjaan mana yang lebih penting dengan deadline yang lebih dekat menjadi prioritas utama.

Meski begitu, jangan sampai pekerjaan lain menjadi diabaikan ya. Jika pekerjaan dengan deadline yang dekat sudah selesai, baru lanjutkan ke pekerjaan lainnya. Cara ini dapat membuat beban kerja anda menjadi lebih ringan karena pekerjaan menjadi lebih sistematis.

Bersikap Tenang

Meskipun memiliki pekerjaan yang sudah dekat dengan deadline, tetaplah bersikap tenang. Jangan sampai rasa panik membuat pekerjaan anda menjadi lebih terbengkalai karena merasa bingung harus mulai dari mana.

Dengan menghadapi pekerjaan tersebut dengan sikap tenang, anda jadi dapat berpikir lebih jernih dan dapat memutuskan strategi untuk mengerjakan pekerjaan tersebut dengan lebih efisien.

Beranjak dari Kursi

Seharian duduk sambil mengerjakan pekerjaan dapat menjadi momok bagi setiap karyawan. Hal ini karena duduk seharian dapat membuat anda merasa mudah penat dan beban kerja meningkat.

Cobalah untuk istirahat sejenak dengan beranjak dari kursi anda. Anda dapat mengunjungi pantry untuk sekedar mengisi tenaga ataupun berjalan ringan untuk refreshment. Jika sudah semangat lagi, anda dapat kembali bekerja dan bisa merasa lebih fokus.

Singkirkan Gadget

Benda-benda seperti gadget atau smartphone anda tentu dapat menjadi pengganggu dalam bekerja. Fokus anda bisa saja terpecah kepada smartphone sehingga membuat pekerjaan anda tertunda.

Notifikasi pesan masuk bisa membuat anda merasa penasaran dan berakhir bermain gadget. Untuk itu, cobalah untuk menyingkirkan hal tersebut sementara saat mengerjakan pekerjaan yang tengah dikejar deadline.

Tidak Membawa Masalah Rumah ke Kantor

Salah satu hal yang sering dilakukan karyawan adalah membawa masalah di rumah ke kantor. Hal ini tentu sangat tidak dianjurkan karena malah akan merugikan diri anda sendiri. Beban kerja di kantor sudah berat, ditambah lagi dengan masalah rumah hanya akan membuat anda tidak bisa fokus dalam bekerja dan menjadi tidak produktif.