Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Memulai Career Switch

0
386
Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Memulai Career Switch

Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Memulai Career Switch – Setelah sebelumnya kita membahas tanda untuk career switch, sebenarnya hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Buat kamu yang memutuskan untuk berpindah jalur karir, perjalanan mencari peluang baru pasti akan penuh dengan tantangan.

Terlebih lagi saat awal merintis karir dimana kamu harus rela mengulang kembali dari nol. Kesehatan mental pun akan menjadi sangat rentan saat memulai karir baru dari awal. Namun jangan khawatir karena terdapat beberapa tips untuk mengatasi risiko tersebut.

Baca Juga : Dampak Perppu Cipta Kerja Bagi Para Pekerja

Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Memulai Career Switch

Pahami dahulu tantangan yang akan terjadi

Cara pertama yang harus diperhatikan tentu adalah mencari tahu dahulu apa saja risiko dan tantangan yang akan dihadapi bila memutuskan untuk career switch. Hal ini agar kamu lebih siap baik dari segi fisik maupun mental.

Memang tidak semua hal bisa diprediksi secara tepat. Setidaknya langkah ini dapat membantu kamu menyiapkan strategi antisipasi dan membuat kamu tidak terlalu shock karena sudah memprediksinya.

Buat ekspektasi yang realistis

Salah satu musuh besar dari career switch adalah ekspektasi yang kamu buat sendiri. Misalnya mendapat pekerjaan baru dengan cepat, gaji dan posisi tinggi, dan lain sebagainya.

Padahal saat pindah jalur karir, risiko paling besar adalah kamu harus merintis karir ulang dari awal. Oleh karena itu, sebaiknya buatlah ekspektasi yang serealistis mungkin agar tidak kecewa saat realita tidak sesuai dengan ekspektasi nantinya.

Jangan ragu untuk cari bantuan

Tak ada salahnya untuk meminta bantuan dengan bertanya-tanya seputar karir baru yang akan kamu jalani nanti. Kamu bisa bertanya kepada rekan ataupun teman yang seprofesi dengan pilihan karir baru kamu.

Ada juga jasa career coach yang sangat membantu jika kamu membutuhkan mental support atau bantuan untuk mendampingi saat proses career switch.

Ubah persepsi soal rasa takut

Agar kesehatan mental tetap terjaga saat career switch, mengatasi rasa takut dan cemas menjadi hal yang paling sulit. Salah satunya yang paling sering dalam kasus career switch adalah takut umur sudah terlalu tua untuk pindah jalur karir, takut bersaing dengan talenta mudah, dan lain sebagainya.

Proses ini memang tidak mudah, namun kamu bisa loh menjadikan rasa takut itu sebagai strategi untuk memulai karir baru. Dengan perencanaan yang tepat pastinya.