Cara yang Tepat Untuk Menyampaikan Kritik Pada Atasan

0
484
Cara yang Tepat Untuk Menyampaikan Kritik Pada Atasan

Cara yang Tepat Untuk Menyampaikan Kritik Pada Atasan – Terkadang pekerjaan tidak hanya melibatkan pekerjaan saja, namun juga melibatkan orang-orang di sekitarnya seperti rekan kerja atau atasan. Hal ini tentu saja membuat anda sebagai karyawan harus memiliki hubungan baik dengan sesama rekan kerja dan atasan.

baca juga : Besaran UMR Tahun 2022 yang Wajib Pekerja Ketahui

Pada nyatanya tidak semua atasan memiliki sifat yang baik. Bahkan ada yang cuek dan juga selalu melakukan kesalahan dalam bekerja. Anda sebagai pegawai mungkin akan segan bila menegur ataupun menyampaikan kritik kepada atasan karena takut tidak sopan.

Tapi tidak perlu khawatir sebab kali ini blog.kitakerja.com akan memberikan cara-cara yang tepat untuk anda menyampaikan kritik pada atasan.

Berikut ini cara yang tepat untuk menyampaikan kritik

Komunikasi Empat Mata

Memberikan kritik kepada rekan kerja atau atasan sebaiknya dilakukan secara personal alias empat mata. Lakukanlah komunikasi berdua saja secara pribadi di suatu tempat yang memang cocok untuk berbicara. Memberikan kritik empat mata cukup berguna agar menghindari rasa malu dan juga tersinggung, jadi anda dengan atasan atau rekan kerja pun bisa berdiskusi bila kritik tersebut memang bersifat membangun.

Menunggu Momen yang Tepat

Memberikan kritik tidak harus langsung blak-blakan mencari rekan kerja atau atasan dan langsung mengkritiknya. Itu sangat tidak sopan, sebaiknya menunggu momen yang tepat saja. Perhatikan apakah momen tersebut sedang cocok atau tidak. Bila momen tersebut sudah tepat, anda langsung bisa memberikan kritik tersebut.

Memperhatikan Pemilihan Kata

Memberikan kritik pada atasan dan rekan kerja tentu saja tidak mudah. Anda harus memperhatikan pemilihan kata agar tidak menyinggung perasaan mereka. Tidak hanya itu, gestur tubuh juga perlu diperhatikan agar terlihat tidak menyinggung atau menghakimi.

Langsung To The Point dan Jangan Bertele Tele

Memang tidak ada larangan untuk anda memberikan kritik kepada atasan, tapi sebaiknya untuk tidak terlalu bertele-tele, melainkan langsung saja to the point. Bila terlalu bertele-tele, maka akan muncul rasa tidak nyaman pada atasan dan kesannya malah tidak baik. Hal ini membuat kritik anda tidak tersampaikan dengan benar.

Memperhatikan Hubungan Anda dengan Atasan

Sebelum mengkritik, perhatikan dulu kedekatan anda dengan atasan. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi respon kritikan anda. Bila tidak begitu dekat, tentu saja atasan akan merasa sedikit tersinggung. Sebaiknya untuk memberikan kritikan pada atasan, anda perlu memiliki kedekatan yang cukup baik dulu dengan atasan. Setelah itu baru anda sampaikan kritik kepadanya.

baca juga : Tips Agar Lebih Disiplin Ketika Bekerja Full Time dari Rumah

Nah itu dia tips untuk anda yang mungkin memang ingin memberikan kritik kepada atasan tapi masih takut dan tidak tahu bagaimana. Memberikan kritik tetap boleh, tapi tetap harus perhatikan etika anda ketika berbicara.