Faktor yang Mempengaruhi Nominal Gaji PNS

0
347
Faktor yang Mempengaruhi Nominal Gaji PNS

Faktor yang Mempengaruhi Nominal Gaji PNS – Menjadi seorang PNS merupakan impian banyak orang. Selain karena gaji dan tunjangannya yang lumayan menggiurkan, pekerjaan ini juga lebih terjamin masa depannya.

Untuk mendapatkan nominal gaji yang besar juga tidaklah instan. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi gaji dari seorang PNS. Apa saja itu? yuk simak langsung berikut ini!

Baca Juga : Apakah Disabilitas Bisa Mendaftar CPNS?

Faktor yang Mempengaruhi Nominal Gaji PNS

  1. Golongan/Pangkat – Gaji PNS ditentukan berdasarkan pangkat atau golongan yang dijabat. Semakin tinggi pangkat atau golongan, semakin tinggi juga nominal gaji yang diterima.
  2. Masa Kerja – Besar kecilnya gaji PNS juga dipengaruhi oleh masa kerja. Semakin lama masa kerja, maka semakin besar gaji yang diterima.
  3. Tunjangan – Selain gaji pokok, PNS juga menerima tunjangan seperti tunjangan keluarga, tunjangan kinerja, tunjangan jabatan, dan lain sebagainya. Jumlah tunjangan yang diterima akan mempengaruhi besar kecilnya nominal gaji PNS.
  4. Jabatan – Gaji PNS juga dipengaruhi oleh jenis jabatan yang diemban. PNS yang menjabat di jabatan tertentu dengan tanggung jawab yang lebih besar, biasanya akan menerima gaji yang lebih tinggi.
  5. Lokasi Kerja – Gaji PNS juga dipengaruhi oleh lokasi kerja. PNS yang bekerja di daerah-daerah terpencil atau yang memiliki kondisi ekonomi yang kurang baik, biasanya akan menerima gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan PNS yang bekerja di daerah yang lebih maju.
  6. Inflasi – Inflasi dapat mempengaruhi besar kecilnya nominal gaji PNS. Jika inflasi tinggi, maka daya beli gaji PNS akan menurun, sehingga nominal gaji yang diterima PNS akan terasa kurang memadai.
  7. Peraturan Pemerintah – Peraturan pemerintah juga dapat mempengaruhi besar kecilnya nominal gaji PNS. Ketentuan tentang kenaikan gaji atau pengurangan tunjangan, misalnya, dapat mempengaruhi besar kecilnya nominal gaji yang diterima PNS.