Jangan Lupa! Pertanyaan Ini Wajib Ditanyakan Ketika Wawancara

0
80
Jangan Lupa! Pertanyaan Ini Wajib Ditanyakan Ketika Wawancara

Jangan Lupa! Pertanyaan Ini Wajib Ditanyakan Ketika Wawancara – Ketika melakukan wawancara, pasti tidak lupa untuk menyiapkan beberapa hal seperti CV, surat lamaran, resume sehingga pewawancara ini bisa melihat apakah kamu layak untuk berada di perusahaan atau tidak. Biasanya dalam wawancara juga diberikan waktu untuk bertanya kepada HRD. Biasanya pertanyaan yang diajukan membahas mengenai pekerjaan ataupun mengenai perusahaan tersebut.

baca juga : Beberapa Tips Untuk Mencintai Pekerjaan Anda

Berikut ini pertanyaan yang dapat ditanyakan ketika wawancara

Filosofi Perusahaan Seperti Apa?

Pertanyaan ini memang sih jarang ditanyakan oleh pelamar, tapi pertanyaan ini cocok untuk ditanyakan kepada HRD. Apa sih filosofi perusahaan? Nilai nilai yang dipegang perusahaan seperti apa? Budayanya seperti apa? Pertanyaan ini cukup menarik dan disamping itu juga anda bisa bertanya kepada individu yang sudah bekerja disana bagaimana mereka mempraktikkan hal-hal tersebut.

Bagaimana Dengan KPI dari Posisi yang Dilamar

Nah pertanyaan ini cocok dan sangat bagus untuk dipertanyakan. Tanyakan kepada HRD bagaimana KPI ( Key Performance Indicators) dari posisi yang anda lamar, dan bagaimana perusahaan mengukurnya dan berapa waktu sekali dukur. Terus anda juga bisa menanyakan apa saja yang telah diraih oleh pegawai selama enam bulan dalam posisi ini?

Apakah perusahaan menyediakan workshop atau training kepada karyawan?

Selain waktu kerja, status kerja, deskripsi pekerjaan yang dilakukan, dan gaji, anda tidak boleh melewatkan yang satu ini. Apakah perusahaan memfasilitasi karyawan untuk mengembangkan skill mereka baik itu dari workshop ataupun training? Hal ini penting demi meningkatkan skill kamu dalam bekerja.

Masalah atau Tantangan Apa yang Akan Dihadapi Ketika Berada Di Posisi Ini?

Menanyakan hal ini tidak ada salahnya, ketika kamu sudah tau dengan masalah atau kendala yang akan dihadapi, kamu bisa lebih mempersiapkan diri. Dengan persiapan diri ini ketika anda berhasil masuk ke perusahaan tersebut, anda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan masalah yang akan dihadapi karena sudah mempersiapkan diri.

Apa misi perusahaan yang hingga saat ini masih diperjuangkan?

Pertanyaan ini dapat membantu anda untuk mengetahui apa misi perusahaan hingga saat ini dan apakah perusahaan sudah mencapainya atau belum? Bila belum sudah sampai progress berapa persen. Pertanyaan ini bisa membuat HRD berpikir bahwa kandidat ini sangat optimis untuk mengetahui soal perusahaan. Dan kemudian selain itu anda juga bisa berpikir bila anda diterima, anda bisa melakukan apa saja demi perusahaan bisa mencapai goal tersebut.

baca juga : Alasan Mengapa Rekan Kerja Tidak Menyukai Anda

Nah itu dia pertanyaan yang bisa dipertanyakan kepada HRD. Semoga pertanyaan ini bisa membantu proses wawancara anda semakin lancar dan membuat HRD semakin yakin kepada anda.