Kenali Ciri-ciri Undangan Interview Palsu Agar Tidak Tertipu

0
101
Kenali Ciri-ciri Undangan Interview Palsu Agar Tidak Tertipu

Kenali Ciri-ciri Undangan Interview Palsu Agar Tidak Tertipu – Seperti yang kita tahu, semakin hari angka penipuan semakin tinggi saja. Bahkan saat ini penipuan dengan berbagai modus semakin merebak. Salah satunya yang sering terjadi adalah penipuan undangan interview atau wawancara kerja.

Biasanya undangan interview kerja palsu dikirim melalui email. Untuk meyakinkan calon korbannya, pengirim email tersebut biasanya mencatut nama perusahaan ataupun perusahaan BUMN yang terkenal di Indonesia.

Lantas gimana membedakan undangan interview asli dengan palsu? Yuk simak langsung penjelasannya berikut ini:

Kenali Ciri-ciri Undangan Interview Palsu Agar Tidak Tertipu

Tidak mencantumkan posisi atau lowongan

Seperti yang bisa dilihat dari surat undangan interview palsu dibawah ini, perusahaan tidak mencantumkan posisi atau lowongan yang ditawarkan. Selain itu, pihak perusahaan juga menuliskan detail persyaratan yang kurang relevan seperti diwajibkan membawa alat tulis, dll.

Kenali Ciri-ciri Undangan Interview Palsu Agar Tidak Tertipu

Terdapat nama semua peserta yang diundang

Umumnya interview kerja bersifat pribadi atau personal. Namun pada undangan interview palsu malah terdapat nama semua peserta yang diundang lengkap dengan jadwal dan nomor tes. Selain itu, surat interview palsu ini juga mewajibkan para peserta untuk melakukan reservasi pemesanan tiket di Travel yang sudah disiapkan.

Kenali Ciri-ciri Undangan Interview Palsu Agar Tidak Tertipu

Peserta diharuskan membayar biaya transportasi, hotel, dan lainnya

Disinilah modus penipuan biasa terjadi karena para peserta diharuskan untuk membayar segala akomodasi mulai dari tiket pesawat hingga biaya penginapan di hotel. Biasanya mereka menjanjikan akan mengembalikan semua biaya bila peserta sudah melewati tahapan seleksi.

Kenali Ciri-ciri Undangan Interview Palsu Agar Tidak Tertipu

Informasi yang diberikan tidak relevan

Jika dilihat dari tahapan seleksi yang ada di surat undangan interview palsu ini, bisa dilihat bahwa tahapan seleksi sama sekali tidak relevan dan terkesan sangat umum atau general. Gaji yang ditawarkan juga terbilang tidak masuk akal karena nominalnya yang sangat besar.

Jika diperhatikan lebih detail, terdapat banyak bahasa dan kalimat yang terlalu terbelit-belit dan terkesan tidak profesional.

Kenali Ciri-ciri Undangan Interview Palsu Agar Tidak Tertipu

Para scammer atau penipu sekarang semakin aktif menjerat korbannya yang berada di luar Jakarta. Biasanya mereka mengincar orang-orang yang masih awam dengan modus penipuan ini, terutama bagi mereka yang sedang membutuhkan pekerjaan dan diiming-imingi dengan gaji besar.

Selain modus diatas, anda harus tetap curiga bila menemui modus meminta transfer uang sebagai biaya akomodasi atau transportasi. Jadi bagaimana menghindari lowongan pekerjaan palsu? Berikut tipsnya:

  1. Tentukan posisi yang ingin dilamar. Agar lebih mudah, anda bisa mengakses Kitakerja.com untuk menemukan berbagai informasi lowongan kerja yang pastinya sudah melalui verifikasi dari Kitakerja.com sehingga terjamin keamanannya.
  2. Pelajari atau browsing Company Profile dari perusahaan yang ingin dilamar. Selain mendapatkan informasi lowongan kerja, anda juga bisa mempelajari hal-hal seputar perusahaan tersebut.
  3. Jika anda merasa ragu atau kurang yakin dengan undangan interview kerja yang diterima, Hubungi kami melalui Livechat di website www.kitakerja.com.

Itulah tips kenali ciri-ciri undangan interview palsu. Untuk tips atau berita lainnya seputar karier dan tren ketenagakerjaan terbaru, ayo follow sosial media Kitakerja.com sekarang juga!

Follow Instagram

Follow Facebook