Kesalahan Kecil Ketika Menulis CV Sehingga Gagal Interview

0
330
Kesalahan Kecil Ketika Menulis CV Sehingga Gagal Interview

Kesalahan Kecil Ketika Menulis CV Sehingga Gagal Interview – CV atau daftar riwayat hidup merupakan sebuah dokumen yang berisikan informasi mengenai diri kita mulai dari data diri, informasi pendidikan, keterampilan serta pengalaman kerja CV ini sebagai bahan pertimbangan oleh pihak rekruter untuk mencocokkan kriteria diri kita dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

baca juga : Kesalahan Interview yang Membuat Anda Gagal Diterima Kerja

Tapi pernahkah dirimu sudah mengirimkan lamaran pekerjaan ke berbagai perusahaan tapi tidak dapat panggilan interview? Seolah-olah ratusan CV yang anda kirim pun tidak membuahkan hasil. Mungkin tanpa kita sadari terdapat beberapa kesalahan dalam penulisan CV sehingga ratusan CV yang dikirim pun tidak mendapatkan panggilan sama sekali.

Berikut ini kesalahan kecil ketika menulis CV yang membuat kita gagal interview

Tidak ada nomor kontak

Tidak mencantumkan nomor kontak telepon agar bisa dihubungi merupakan sebuah kesalahan yang berakibat fatal. Bagaimana perusahaan dapat menghubungimu ketika kamu sendiri tidak mencantumkan nomor yang aktif?

Sebelum mengirim CV, pastikan cek ulang terlebih dahulu apakah kamu menulis nomor yang bisa dihubungi oleh perusahaan? Bila terjadi perubahan pada nomor kontak kamu jangan lupa untuk di update.

Banyak Typo

Banyaknya kesalahan dalam mengetik sebenarnya juga menjadi masalah ketika menulis CV. Memang terlihat sepele namun sangat berakibat fatal untuk dipanggil interview. Perusahaan menganggap kamu sebagai pribadi yang ceroboh serta tidak teliti. Maka dari itu cobalah untuk mengecek ulang CV anda sebelum mengirim lamaran.

Job Description Tidak Lengkap

Ketika anda menulis pengalaman pekerjaan, cobalah untuk jabarkan dengan lengkap jabatan serta job description yang dikerjakan pada pekerjaan lamamu. Hal ini cukup penting menjelaskan detail pekerjaan yang telah anda kerjakan. Perusahaan ingin mengetahui apa saja yang pernah kamu lakukan.

Jangan lupa tulis juga tugas serta tanggung jawab yang telah kamu kerjakan. Dengan begitu rekruter pun bisa mencocokan dirimu dengan kebutuhan lowongan kerja perusahaan.

Keahlian Tidak Dituliskan

Bila anda memiliki keahlian yang sangat unggul dan tidak dituliskan, rasanya akan sangat sia-sia dan perusahaan pun tidak tahu bahwa kamu memiliki keahlian tersebut. Padahal perusahaan sangat membutuhkan kandidat yang bisa dengan keahlian tersebut. Jadi jangan lupa untuk menuliskan keahlian yang sangat anda unggulkan dalam CV. Mungkin tidak berkaitan dengan lamaran pekerjaan yang anda lamar, namun bisa saja karena ada keahlian tersebut, rekruter bisa saja tetap memanggil anda dan memberikan anda posisi lain yang memang membutuhkan keahlian tersebut.

Nah itu dia beberapa kesalahan kecil dalam menulis CV sehingga gagal interview. Anda tetap perlu memperhatikan isi CV anda, mulai dari kontak yang dapat dihubungi, keahlian, pengalaman kerja yang lebih detail, tujuannya ini agar rekruter mudah untuk mencocokkan data diri anda dengan posisi pekerjaan dalam perusahaan. Semakin lengkap maka akan semakin baik dan membuat rekruter pun tertarik pada anda sehingga dapat dipanggil interview.