Kesalahan Ketika Melakukan Negosiasi Gaji

0
501
Kesalahan Ketika Melakukan Negosiasi Gaji

Kesalahan Ketika Melakukan Negosiasi Gaji – Negosiasi gaji merupakan salah satu hal yang dilakukan sebelum memulai bekerja. Biasanya proses negosiasi gaji ini terjadi ketika anda sudah diterima sebagai kandidat di sebuah perusahaan, maka perusahaan akan cukup menanyakan gaji yang kamu inginkan atau telah menetapkan gaji sesuai dengan peraturan perusahaan.

baca juga : Berikut Tips Negosiasi Untuk Kenaikan Gaji

Negosiasi gaji ini biasanya sangat banyak pertimbangan mulai dari pengalamanmu, pengetahuanmu, dan tentu juga keahlianmu. Sayangnya terkadang negosiasi gaji ini cukup sulit dan sangat sulit untuk menyukseskan negosiasi gaji yang terjadi. Jadi anda harus berhati-hati dan jangan sampai melakukan kesalahan ketika melakukan negosiasi gaji.

Berikut ini Kesalahan yang Dilakukan Ketika Melakukan Negosiasi Gaji

Memberikan Penawaran Pertama

Membuka penawaran pertama ketika negosiasi gaji adalah kesalahan yang sangat fatal. Biasakan untuk memberikan pembuka kepada perusahaan berapa gaji yang dapat perusahaan bayarkan. Jadi anda bisa tahu berapa standar di perusahaan tersebut. Bila anda membuka penawaran pertama terlebih dahulu, justru khawatir bahwa nominal tersebut berada di bawah standar perusahaan dan ini akan menguntungkan mereka. Jadi harus tetap cermat dan jangan ceroboh.

Tidak Memahami Standar Gaji

Setiap posisi pastinya memiliki standar gaji secara umum. Hal ini sebaiknya anda cari tahu terlebih dahulu sebelum melakukan negosiasi gaji. Perhitungkan juga pengalaman anda bekerja berapa lama. Jadi dengan anda memahami standar gaji pada posisi tersebut, anda dapat melakukan negosiasi dengan baik. Jangan sampai meminta gaji yang melebihi standar yang dimiliki dan membuat perusahaan enggan menerimamu.

Memberi Tahu Gaji Sebelumnya

Bila anda memiliki pengalaman pekerjaan di perusahaan lain, sangat disarankan untuk tidak memberi tahu jumlah gaji di perusahaan lama tersebut. Pada umumnya nominal gaji di perusahaan sebelumnya adalah sebuah privasi. Kemudian setiap perusahaan tentu memiliki standar tersendiri untuk menentukan gaji. Takutnya karena nominal gaji mu di perusahaan sebelumnya cukup tinggi dan berbeda dengan standar perusahaan sekarang ini, membuat negosiasi gaji akan cukup sulit.

Berbohong

Salah satu kesalahan yang dilakukan adalah berbohong, mau dalam keadaan apapun berbohong sudah menjadi salah satu kesalahan apalagi dalam negosiasi gaji. Ketika melakukan proses negosiasi gaji, harusnya tetap jujur dan jangan berbohong, dengan berbohong maka akan membuat trust issue terjadi di pihak perusahaan terhadap anda. Jangan sampai kesempatan bekerja anda lenyap hanya karena kebohongan.

Nah jadi ini dia beberapa kesalahan yang harus kamu hindari ketika melakukan negosiasi gaji. Bila terjadi kesalahan-kesalahan fatal maka peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut pun sudah lenyap.