Keuntungan Fresh Graduate Dalam Mencari Pekerjaan Selama Pandemi

0
50
Keuntungan Fresh Graduate Dalam Mencari Pekerjaan Selama Pandemi

Keuntungan Fresh Graduate Dalam Mencari Pekerjaan Selama Pandemi – Mencari pekerjaan memang memiliki tantangan tersendiri, terutama bila anda merupakan seorang fresh graduate yang minim pengalaman. Kebanyakan iklan lowongan kerja memang mencantumkan pengalaman kerja sebagai salah satu syarat utama.

Meski begitu, anda tak boleh langsung menyerah. Dalam mencari pekerjaan, seorang fresh graduate juga memiliki beberapa keuntungan atau nilai plus. Penasaran? Yuk simak langsung penjelasannya berikut ini!

Baca juga : Tips untuk Menghadapi Rekan Kerja yang Selalu Mengandalkan

Keuntungan Fresh Graduate Dalam Mencari Pekerjaan Selama Pandemi

Ada perusahaan yang suka fresh graduate

Meski tidak banyak, nyatanya ada beberapa perusahaan yang memang lebih menyukai fresh graduate ketimbang calon karyawan yang sudah berpengalaman. Hal ini karena membentuk fresh graduate lebih mudah daripada mereka yang sudah berpengalaman.

Pengalaman di luar pekerjaan

Perlu diingat, pengalaman tidak selalu tentang pekerjaan. Pengalaman bisa berupa pengalaman anda dalam mengikuti organisasi, kepanitiaan, ataupun kegiatan lain selama sekolah maupun kuliah.

Anda bisa menjelaskan pengalaman anda tersebut ke dalam CV sebagai nilai tambah. Pastikan juga untuk tidak mengarang karena hal tersebut akan ditanyakan oleh perusahaan nantinya.

Tidak gaptek

Sebagai fresh graduate dari generasi milenial ke atas, tentu anda tidak gaptek alias sudah melek akan teknologi. Perusahaan tentunya lebih menyukai mereka yang melek teknologi karena di masa sekarang segala pekerjaan berkaitan dengan teknologi.

Apalagi kalau anda eksis di sosial media, hal ini bisa menjadi salah satu keunggulan besar anda dibandingkan orang lain.

Terbuka untuk internship

Fresh graduate memiliki antusiasme yang tinggi dalam bekerja untuk mencari pengalaman. Hal ini membuat mereka lebih terbuka untuk mengambil internship sebab yang dicari adalah pengalaman, bukan uang. Berbeda dengan senior yang sudah memperhitungkan besaran gaji di awal wawancara.

Menjadi seorang internship juga merupakan jalan karir yang bagus bagi fresh graduate. Ini dapat menjadi batu loncatan anda di dunia kerja. Bila performa anda bagus, bukan tidak mungkin anda akan diangkat menjadi karyawan tetap.

Tidak merasa superior

Karena belum ada pengalaman kerja, fresh graduate biasanya lebih mau belajar hal yang tidak mereka ketahui. Hal ini juga berlaku untuk hal lain seperti lebih open minded dan tidak berlagak superior.