Pentingnya Self Reward Agar Lebih Semangat Kerja

0
325
Pentingnya Self Reward Agar Lebih Semangat Kerja

Pentingnya Self Reward Agar Lebih Semangat Kerja – Bekerja memang sudah menjadi rutinitas hampir semua orang. Menghabiskan waktu 8 jam atau lebih memang seringkali membuat kita menjadi capek dan jenuh. Terlebih lagi jika menghadapi hari yang buruk semakin membuat kita berada di titik jenuh dan kehilangan motivasi.

Untuk menjaga motivasi kerja juga bukanlah hal yang mudah. Semakin tinggi motivasi kerja maka akan semakin tinggi juga produktivitas kerja. Nah, ada satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan motivasi kerja, yakni self reward.

Baca Juga : 4 Tips Agar Kembali Konsentrasi dan Fokus

Pentingnya Self Reward Agar Lebih Semangat Kerja

Apa itu self reward?

Self reward sendiri adalah sebuah bentuk memberikan hadiah untuk diri sendiri. Misalnya setelah mendapatkan pencapaian tertentu atau berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan yang membuat kamu stres dan sebagainya bisa menjadi ajang untuk mengapresiasi diri sendiri.

Memberikan hadiah untuk diri sendiri atau self reward ini terbukti ampuh membuat diri sendiri bahagia dan menjadi lebih semangat dalam bekerja.

Tak harus mahal, yang penting senang

Bentuk self reward juga tak melulu harus barang yang mahal. Sesuatu yang murah juga bisa menjadi bentuk self reward apabila hal tersebut dapat membuat kamu senang dan bahagia. Pastikan juga self reward sesuai dengan budget dan jangan malah jadi beban baru.

Harus berbau positif

Tujuan self reward sendiri adalah menghadirkan energi positif pada diri sendiri. Oleh karena itu, kamu harus pastikan bahwa self reward yang kamu lakukan harus positif. Jangan malah memilih hal-hal berbau negatif seperti alkohol atau obat terlarang. Hal tersebut malah akan merugikanmu dalam jangka waktu panjang.

Sesuaikan dengan budget

Hampir sama seperti poin nomor 2, pemberian self reward harus sesuai dengan budget kamu. Jika tidak, yang ada malah pemborosan dan bukan hal positif yang didapat. Mungkin kamu bisa mengalokasikan dana khusus untuk self reward dan menabung dahulu jika ingin membeli barang yang mahal.

Santai juga bagian dari self reward

Self reward tak melulu berkaitan dengan uang dan barang. Bisa santai sejenak dari hiruk pikuk pekerjaan juga bisa menjadi bentuk self reward yang dapat membuat kita bahagia. Dengan beristirahat, energi akan terkumpul lagi dan tidak perlu merogoh kocek yang dalam.