Pilihan Karier yang Cocok Untuk Anda Lulusan Sistem Informasi

0
149
Pilihan Karier yang cocok untuk anda lulusan Sistem Informasi

Pilihan Karier yang cocok untuk anda lulusan Sistem Informasi – Zaman sekarang ini teknologi informasi sudah hampir mendomisili kebutuhan manusia. SDM yang ahli dalam bidang ini juga pasti sangat dibutuhkan. Salah satu bidang tersebut adalah Sistem Informasi, cara untuk mengoperasikan perangkat keras ataupun lunak dan berinteraksi dengan data. Sistem informasi juga meliputi studi mengenai pengumpulan, penyaringan dan pendistribusian data.

baca juga : 5 Pekerjaan Remote yang Banyak Dicari Saat Pandemi

Bila kamu memasuki bangku kuliah pada bidang ini, kini telah banyak perguruan tinggi di Indonesia memiliki program S1 dan program S2. apabila sedang atau bahkan sudah lulus dari jurusan ini, kamu perlu mengetahui karier apa saja yang cocok untuk jurusan ini.

Berikut ini Pilihan Karier Cocok Untuk anda Lulusan Sistem Informasi

Sistem Analyst

Sistem analyst merupakan orang yang memberikan solusi mengenai teknologi informasi, modifikasi atau mengadaptasi sistem yang ada dengan mengintegrasikan fitur serta peningkatan baru. Tujuannya yaitu untuk efisiensi dan produktivitas bisnis. Sistem analyst akan terjun dalam proyek yang mengharuskan dirinya untuk memeriksa sistem atau model bisnis yang sudah ada dan menganalisis kebutuhan sistem.

Jadi bila anda kuliah atau bahkan telah lulus dalam jurusan sistme informasi, banyak perusahaan yang membutuhkan kemampuan sistem analyst seperti perusahaan otomotif, keuangan, serta layanan masyarakat.

Software Developer

Lulusan sistem informasi juga bisa menjadi software developer. Pekerjaan ini merupakan pembuatan, pengembangan serta pengujian program perangkat lunak komputer. Software developer biasanya membuat software dengan sistem operasi dan network distribution yang mengkonversi program untuk dieksekusi dalam komputer. Perangkat lunak ini membantu kelancaran bisnis dalam berbagai bidang. Selain itu juga membantu produktivitas perusahaan secara tepat waktu.

Database Administrator

Seorang lulusan sistem informasi juga bisa menjadi database administrator. Pekerjaan ini meliputi mengurutkan serta mengatur data dalam susunan yang memudahkan pengguna data tertentu untuk mengakses secara ekslusif. Pekerjaan database administrator ini mengatur sebagai database agar berfungsi secara baik dan akurat.

Bila anda ingin menggeluti pekerjaan ini, anda harus dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, problem solving, kerja tim serta komunikasi yang baik. Secara teknis, anda harus familiar dengan bahasa lumrah yang dikenal dalam data manipulation serta mengetahui prinsip database.

ERP Consultant

ERP Consultant ini biasanya bertanggung jawab untuk penyesuaian paket software ERP terhadap proses bisnis organisasi.

ERP sendiri merupakan perangkat lunak manajemen proses bisnis yang membantu sebuah organisasi untuk menggunakan aplikasi yang terintegrasi agar dapat melakukan optimasi terkait fungsi teknologi, jasa, dan SDM. ERP consultant biasanya dapat memahami kebutuhan dan ide ide para klien untuk kemudian dikembangkan dalam penyediaan ERP.

Tujuan utama lulusan sistem informasi yang menjadi ERP Consultant ini adalah memastikan ERP dapat bekerja dengan baik dan efisien serta mengembangkan solusi untuk masalah yang muncul.

Bila anda lulusan Sistem informasi yang tertarik dengan karier ERP Consultant, anda harus dapat berpikir secara teknis karena pastinya anda akan dituntut untuk memahami sebuah sistem yang komplek bahkan beberapa sistem sekaligus. Anda dapat harus secara fleksibel menggabungkan beberapa perspektif dan kebutuhan klien.

baca juga : Tanda-Tanda Bahwa Anda Telah Menjadi Korban yang Dirugikan di Tempat Kerja

Itu dia beberapa pilihan karier yang cocok untuk anda jurusan sistem informasi. Banyak sekali peluang karier untuk anda yang jurusan sistem informasi. Anda dapat menemukan lowongan kerja sistem informasi di Kitakerja. Lowongan yang tersedia pasti memiliki deskripsi yang berbeda, namun pasti semua perusahaan akan menanti kandidat seperti anda.