Ternyata Multitasking Berbahaya Loh Buat Kesehatan!

0
136
Ternyata Multitasking Berbahaya Loh Buat Kesehatan!

Ternyata Multitasking Berbahaya Loh Buat Kesehatan! – Multitasking biasanya merupakan cara yang efisien untuk menyelesaikan sesuatu dengan cepat agar dapat menghemat waktu. Tapi tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Tapi ternyata, multitasking nyatanya berdampak buruk untuk fungsi kesehatan otak.

baca juga : Begini Tips Menyusun CV Untuk Pekerjaan di Bidang IT

Multitasking biasanya dikaitkan dengan keterampilan untuk menyelesaikan dua hal secara bersamaan atau menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan efisien. Menyelesaikan dua hal secara sekaligus tidak hanya mempengaruhi fungsi otak, tapi juga menurunkan produktivitas.

Seseorang mungkin merasakan pencapaian setelah menyelesaikan banyak tugas sekaligus. Tapi pada kenyataannya, anda hanya bisa menyelesaikan satu tugas bila hanya fokus pada satu hal. Tugas kedua atau lainnya pencapaiannya akan menjadi setengah hati.

Berikut ini alasan mengapa multitasking berbahaya untuk kesehatan

Menghambat fungsi otak

Ketika otak tidak tau fokus lebih dari satu hal pada satu waktu, otak akan sulit memahami informasi apa itu. Bila kita memaksa otak kita untuk melakukan banyak tugas dalam satu waktu, maka fungsi otak kita akan berkurang selama periode tertentu.

Efek negatif pada kesehatan mental

Berganti-ganti aktivitas secara terus-menerus dapat menyebabkan stress dan kecemasan. Ini berdampak negatif pada kesehatan mental dan mengganggu kedamaian mental. Fokuslah pada penyelesaian tugas daripada menikmatinya. Anda tidak hidup di masa sekarang dan hanya mengkhawatirkan masa depan. Kemampuan anda untuk perhatian penuh hilang dan anda hanya berkompromi pada kesehatan mental anda ketika terburu-buru menyelesaikan tugas.

IQ Turun

Orang yang sering melakukan multitasking dapat menurunkan tingkat IQ nya dalam jangka waktu tertentu. Multitasking bisa mengurangi kecerdasan emosional anda. Penelitian menunjukan membuat anda kurang berempati, dingin, pendiam dan mengurangi kemampuan untuk mengontrol emosi dan perasaan.

Tingkat kosentrasi

Sulit untuk fokus pada tugas tertentu, sehingga multitasking dapat mengurangi tingkat konsentrasi anda secara drastis. Orang yang sering multitasking tidak dapat mengatur pikiran mereka dan menjalankan ide.

baca juga : Tips Agar Sukses dalam Wawancara Kerja Online

Sekian dari alasan mengapa multitasking ternyata berbahaya untuk kesehatan. Maka dari itu jangan sering melakukan multitasking, bila bisa fokuslah pada satu hal tersebut baru melanjutkan hal lainnya.