Tipe Format CV yang Paling Tepat Buat Anda

0
420
Tipe Format CV yang Paling Tepat Buat Anda

Tipe Format CV yang Paling Tepat Buat Anda – CV atau Curriculum Vitae merupakan dokumen penting yang digunakan oleh para pelamar kerja untuk melamar pekerjaan. Dokumen ini berisikan ringkasan mengenai edukasi, keterampilan, serta pengalaman dari si pelamar.

baca juga : Hal yang Dapat Anda Tulis Di CV Meski Tidak Ada Pengalaman Kerja

CV ini tentunya akan dikirim ke perusahaan yang dilamar oleh pelamar untuk menjadi pertimbangan perusahaan. Pada umumnya CV ini memiliki banyak jenis, dan bisa disesuaikan dengan relevansi bidang karier yang anda lamar.

Berikut ini beberapa format CV

CV Fungsional

CV ini cocok untuk anda yang baru saja lulus kuliah atau belum memiliki pengalaman kerja. Hal yang ada pada CV ini adalah keterampilan yang anda miliki.

Tipe fungsional ini memiliki unsur utama mulai dari judul profesional, ringkasan atau tujuan, informasi kontak, keterampilan yang dimiliki serta sertifikat, pendidikan, serta bagian opsional lainnya.

CV Kronologis

CV ini merupakan CV yang paling sering digunakan dalam kalangan umum. Biasanya CV ini berisi pengalaman kerja dari waktu ke waktu, kemudian juga pencapaian ketika bekerja.

CV kronologis ini merupakan favorit setiap para pelamar kerja. Hal tersebut dikarenakan CV ini cukup lengkap mengenai pengalaman kerja sehingga sering dilirik oleh rekruter.

Isi dari CV ini antara lain judul profesional, ringkasan atau tujuan, informasi kontak, pengalaman kerja, pencapaian kerja, keterampilan atau keahlian, pendidikan serta opsional lainnya seperti ketertarikan, bahasa, sertifikat, dsb.

CV Kombinasi

Bila merasa ingin mengedepankan pengalaman kerja serta keterampilan yang dimiliki dalam diri sendiri, coba gunakan CV jenis kombinasi ini. Tipe ini menggunakan gabungan dari CV Kronologis dan CV Fungsional, cocok untuk digunakan oleh pelamar yang ingin mengubah karier.

Tidak hanya mengubah karier, CV ini juga cukup disarankan untuk anda yang memang memiliki kesenjangan riwayat pekerjaan atau kandidat tingkat senior dengan beragam keterampilan dan pengalaman. Maka dari itu, CV ini sangat terlihat lengkap. Tapi tentu saja anda perlu pertimbangkan lagi sesuai dengan tujuan dari anda melamar pada sebuah perusahaan.

CV Akademik

CV ini lebih condong dalam akademik, dimana tipe format ini memiliki detail lengkap mengenai dunia akademik. CV Akademik biasanya digunakan oleh pelamar yang ingin menempuh jenjang karier dalam bidang akademik seperti contohnya guru, dosen, serta peneliti dalam perguruan tinggi.

CV ini juga bisa digunakan ketika ingin melamar beasiswa dalam sebuah institut. Maka dari itu, tidak heran jika CV ini lengkap dengan segala unsur akademik yang ada.

CV Kreatif

Nah, sesuai namanya saja, CV ini berisi bentuk yang cukup untuk. Dimana CV ini dirancang sedemikian rupa untuk menampilkan keterampilan kreatifitas seseorang.

CV Kreatif ini cocok untuk para pelamar yang memang melama dalam bidang industri kreatif seperti fotografi, periklanan, videografi, dsb. Tipe format CV ini biasanya dilengkapi dengan unsur utama serta unsur tambahan seperti portofolio, video, infografis serta multimedia lainnya.

Nah jadi itu dia jenis-jenis CV atau Curriculum Vitae yang beredar dalam dunia kerja saat ini. Jadi anda perlu pertimbangkan lagi tujuan serta bidang yang anda lamar. Bila anda sesuaikan dengan tujuan dan bidang yang anda lamar, tentu saja peluang lolos lamaran pekerjaan anda itu akan semakin tinggi.