Tips Agar Sukses dan Lancar di Hari Pertama Bekerja

0
55
Tips Agar Sukses dan Lancar di Hari Pertama Bekerja

Tips Agar Sukses dan Lancar di Hari Pertama Bekerja – Sebagai karyawan baru yang akan menjalankan hari pertama bekerja, perasaan campur aduk pasti akan dirasakan. Rasa senang karena akhirnya diterima bekerja dan rasa gugup menjalankan hari pertama bekerja.

Hal tersebut memang cukup wajar, terutama jika ini merupakan pengalaman pertamamu dalam bekerja. Bertemu dengan atasan dan rekan kerja dan bagaimana menghadapi pertanyaan yang akan diberikan pasti berkecamuk dalam benak kamu.

Ya, setiap orang tentu menginginkan kesan pertama yang bagus dan berkesan. Lantas bagaimana caranya? Yuk simak langsung tipsnya berikut ini!

Baca juga : Jangan Pernah Memaksakan Diri Untuk Bekerja Dibidang yang Bukan Passionmu

Tips Agar Sukses dan Lancar di Hari Pertama Bekerja

Persiapkan segala sesuatu dengan baik

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah persiapkan dahulu segala perlengkapan yang kamu butuhkan dan akan dibawa pada hari pertama bekerja.

Dengan begitu, kamu tidak akan terburu-buru di pagi harinya sehingga meminimalisir kemungkinan telat di hari pertama bekerja.

Pakaian yang formal dan rapi

Memakai pakaian yang formal dan rapi di hari pertama bekerja dapat menambah kesan baik di mata atasan dan rekan kerja. Kamu tidak perlu sampai membeli baju baru, kenakan saja pakaian formal yang sudah ada.

Pastikan juga agar pakaian yang dikenakan tidak terbuka, terutama buat kaum hawa. Jika kamu mendapatkan tempat kerja yang lebih leluasa dalam hal busana kantor, maka hal tersebut akan lebih baik lagi karena hanya harus memakai pakaian yang kasual namun tetap sopan dan rapi.

Jaga penampilan

Penampilan tak hanya dari pakaian yang dikenakan saja. Rambut hingga bau badan juga harus diperhatikan. Pastikan agar rambut kamu tetap rapi dan tidak menyemprot parfum secara berlebihan.

Datang tepat waktu atau lebih awal

Sebagai karyawan baru, sangat disarankan untuk tidak datang terlambat di hari pertama bekerja. Bisa-bisa kamu langsung dicap jelek oleh atasan dan rekan kerja.

Kamu bisa datang tepat waktu atau bahkan 15 menit lebih awal dari jam masuk. Dengan begitu, imej positif akan langsung kamu dapatkan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk merapikan penampilan.

Bersikap ramah

Saat hari pertama bekerja, tentu kamu akan dibawa berkeliling kantor dan bertemu dengan rekan kerja dan atasan. Usahakan untuk menunjukkan sikap ramah dan hangat pada semua rekan kerja.

Kamu bisa mulai dengan selalu menyapa ataupun mengucapkan selamat pagi lebih dulu. Jangan lupa juga untuk senyum dan menatap ketika sedang berpapasan.

Menjaga perilaku

Sebagai karyawan baru yang baru bekerja di hari pertama, menjaga sikap dan perilaku tentu sangat diwajibkan. Berbicara dengan sopan dan saling menghormati dapat membuat anda lebih mudah bergaul dengan rekan kerja.