Tips Agar Tetap Produktif Bekerja di Bulan Ramadan

0
97
Tips Agar Tetap Produktif Bekerja di Bulan Ramadan

Tips Agar Tetap Produktif Bekerja di Bulan Ramadan – Bulan Ramadan merupakan bulan yang paling dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Bagi anda yang bekerja di bulan Ramadan tentu harus tetap menjalankan ibadah puasa selama satu bulan.

Berpuasa sambil bekerja memang tidak selalu mudah, namun juga tidak sulit. Di bulan Ramadan kali ini, kita juga harus bekerja lebih lama akibat cuti bersama yang dipersingkat dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona.

Meski begitu, kita harus tetap semangat dan tetap produktif hingga Lebaran tiba. Berikut beberapa kiat mudah untuk menjaga kita tetap produktif bekerja selama berpuasa.

Baca juga: Alasan Kenapa Lebih Baik Memilih Diam Dibandingkan Emosional di Tempat Kerja

Tips Agar Tetap Produktif Bekerja di Bulan Ramadan

Istirahat yang cukup

Sebelum memulai aktivitas, pastikan untuk istirahat dan tidur dengan cukup. Pastikan anda tidur minimal 8 jam sehari. Hal ini bertujuan agar stamina anda terjaga dan menjadi lebih fokus saat bekerja keesokan harinya.

Anda juga bisa memanfaatkan waktu istirahat siang untuk mendingingkan pikiran dan badan. Setelah istirahat sejenak, dijamin anda akan tetap produktif meski berpuasa seharian.

Lengkapi kebutuhan air putih

Seperti yang kita tahu, tubuh kita memerlukan air putih minimal 2 liter per hari. Selama berpuasa, anda bisa menargetkan 1 liter saat berbuka dan 1 liter saat sahur.

Jaga pola makan

Menjaga pola makan saat berpuasa terkadang bisa menjadi hal yang sulit. Apalagi kalau sering berbuka dengan makanan yang tidak sehat seperti gorengan dan makanan-makanan manis lainnya.

Oleh karena itu, pastikan untuk berbuka dengan makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, dan serat yang mengimbangi guna menjaga stamina tubuh saat berpuasa.

Berpikiran positif

Penting untuk tetap berpikiran positif saat menjalankan puasa. Dengan begitu, anda dapat menghadapi segala masalah dan tantangan dengan lebih baik. Suasana yang positif juga dapat membuat anda lebih produktif dalam bekerja. Deadline maupun masalah dengan rekan kerja dapat diatasi dengan baik sebab pikiran anda yang positif dan terkendali.

Mempersingkat waktu rapat

Rapat kerja saat bulan Ramadan tentu akan tetap ada untuk koordinasi kerja. Nah, rapat dalam bulan Ramadan bisa dipersingkat dalam durasi 30-45 menit saja. Namun tetap harus pastikan semua pihak menyampaikan informasi secara singkat, padat, dan jelas.

Perlu diketahui, membagi konsentrasi dan fokus saat berpuasa tidaklah mudah. Apalagi jika beberapa topik dibahas dalam satu rapat yang semua pesertanya juga berpuasa.