Tips Meminta Ganti Jadwal Interview Jika Bentrok

0
68
Tips Meminta Ganti Jadwal Interview Jika Bentrok

Tips Meminta Ganti Jadwal Interview Jika Bentrok – Mendapatkan panggilan wawancara kerja atau interview tentu menjadi hal yang sangat dinantikan. Hal tersebut berarti kamu berhasil memenuhi kriteria perusahaan sebagai calon karyawan.

Umumnya HRD perusahaan akan menghubungi atau mengabari jadwal interview melalui email seminggu atau paling mepet 3 hari sebelumnya. Tak jarang jadwal interview bentrok dengan agenda lain yang sangat penting.

Lantas bagaimana jika hal tersebut terjadi padamu? Jangan khawatir, kamu tetap bisa kok mengikuti interview dengan meminta HRD untuk mengubah jadwal interview. Yuk simak langsung tipsnya berikut ini!

Baca juga : Ternyata Multitasking Berbahaya Loh Buat Kesehatan!

Tips Meminta Ganti Jadwal Interview Jika Bentrok

Informasikan dari awal

Biasanya ada 2 cara HRD dalam menentukan jadwal interview. Pertama, HRD akan menanyai kamu kapan ada waktu untuk interview. Jika kamu mendapatkan pertanyaan seperti ini, artinya jadwal interview akan disesuaikan dengan waktumu.

Yang kedua, HRD akan menentukan sendiri jadwal interview dan memberitahukan jadwalnya padamu. Jika kamu sudah memiliki agenda lain, langsung beritahu HRD bahwa tanggal tersebut bentrok dengan agenda lain yang sangat penting.

Sampaikan alasan sejujur-jujurnya

HRD tentu akan memaklumi jika jadwal interview kamu bentrok dan ingin mengubahnya karena suatu alasan. Namun yang terpenting adalah alasan tersebut harus logis dan jujur. Misalnya suatu hal yang sifatnya memang tidak bisa ditunda.

Jangan lupa ucapkan maaf

Terlepas dari apapun alasanmu tidak bisa menghadiri interview, sampaikanlah permintaan maaf kepada HRD karena tidak bisa hadir. Permintaan maaf merupakan etika dalam dunia kerja. Hal ini akan memberikan kesan positif terhadapmu.

Ucapkan terima kasih

Jika memang jadwal interview bisa diundur, pastikan untuk mengucapkan terima kasih. Hal ini untuk mengapresiasi HRD yang telah memaklumi ketidakhadiranmu pada jadwal yang sudah ditentukan.