Tips Mudah Mendapatkan Pekerjaan Sebelum Lulus Kuliah

0
35
Tips Mudah Mendapatkan Pekerjaan Sebelum Lulus Kuliah

Tips Mudah Mendapatkan Pekerjaan Sebelum Lulus Kuliah – Siapa sih yang tidak mau langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah? Tentu semua orang menginginkannya. Bahkan banyak mahasiswa yang sudah bekerja sambil kuliah.

Apakah memang bisa? Tentu saja asalkan anda memiliki latar belakang pendidikan yang sama dengan bidang yang dimiliki perusahaan tersebut. Selain itu, kepribadian yang mau belajar dan mau digaji murah akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan meski belum lulus kuliah.

Lantas bagaimana cara melamar pekerjaan sebelum lulus kuliah? Yuk simak langsung tipsnya berikut ini!

Baca juga : Kesulitan yang Selalu Dialami Oleh Seorang Freelancer untuk Pertama Kali

Tips Mudah Mendapatkan Pekerjaan Sebelum Lulus Kuliah

Cari referensi pekerjaan yang banyak

JIka anda memiliki waktu luang, cobalah untuk mencari referensi pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bidang anda. Semakin banyak pilihan pekerjaan yang anda temukan, semakin besar juga peluang mendapatkan pekerjaan.

Jika lamaran pertama tidak diterima, bisa saja lamaran-lamaran berikutnya diterima. Untuk mencari referensi juga bisa melalui banyak media, salah satu platform yang bisa membantu anda adalah website pencari kerja seperti Kitakerja.com.

Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis pekerjaan dari segudang perusahaan di seluruh Indonesia.

Perbaiki CV menjadi lebih profesional

Jika anda masih memiliki CV yang dibuat secara manual, sudah waktunya untuk membuat CV yang lebih profesional. Saat ini banyak orang yang memanfaatkan platform LinkedIn untuk memperkenalkan dirinya.

Poin-poin pada akun LinkedIn akan membuat CV anda terlihat lebih profesional. Tak hanya data diri saja, anda juga bisa mencantumkan skill dan pengalaman kerja atau organisasi yang dimiliki.

Magang saat masih kuliah

Apakah anda masih sedang kuliah dan belum pernah melakukan magang? Sebaiknya luangkan waktu anda untuk mencoba magang di perusahaan yang sesuai dengan bidang anda.

Pengalaman magang sangat berharga dan akan memberikan anda pengalaman dan skill yang dibutuhkan di dunia kerja nantinya. Selain itu, perusahaan juga akan lebih memilih calon karyawan yang memiliki pengalaman magang.

Kunjungi job fair

Jika anda mengira job fair hanya untuk mereka yang sudah lulus kuliah, anda salah besar. Kenyataannya siapapun boleh mendatangi job fair. Bila anda mempunyai waktu luang, tak ada salahnya untuk mengunjungi job fair yang dekat dengan tempat tinggal anda.

Anda bisa lebih mengenal perusahaan-perusahaan yang sebelumnya tidak pernah anda ketahui di job fair. Selain itu, anda juga bisa bertanya-tanya kepada tim rekrutmen disana dan memperluas relasi.

Perluas relasi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tak ada salahnya untuk memperluas relasi anda terutama di bidang yang sesuai dengan minat anda. Dengan relasi yang luas, maka kesempatan dan peluang untuk mendapatkan pekerjaan di bidang tersebut semakin terbuka.

Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn untuk menambah relasi dengan lebih mudah.