Tips Untuk Tetap Produktif Di Tempat Kerja Meski Sedang Bad Mood

0
287
Tips Untuk Tetap Produktif Di Tempat Kerja Meski Sedang Bad Mood

Tips Untuk Tetap Produktif Di Tempat Kerja Meski Sedang Bad Mood – Produktivitas seseorang biasanya ditentukan juga oleh mood seseorang tersebut. Terkadang mood kalau lagi baik, pastinya akan sangat produktif. Begitu juga sebaliknya, bila sedang bad mood pasti akan merasa malas dan tidak produktif.

baca juga : Tips Menghadapi Perbedaan Pendapat di Tempat Kerja

Apalagi bila anda sedang terkena masalah atau musibah yang dapat membuat anda berpikiran hal buruk terus. Sehingga pikiran pun tidak fokus dan suasana hati tidak menyenangkan. Meski begitu, harus tetap sabar dan jangan sampai mengganggu performa bekerja anda.

Berikut ini tips buat anda tetap dapat produktif meskipun sedang bad mood :

Menenangkan Pikiran

Ketika sudah merasa emosi atau suasana hati yang tidak menyenangkan, cobalah untuk menenangkan pikiran sejenak. Jangan dipaksakan untuk tetap produktif, yang ada nanti malah hasil pekerjaan tidak maksimal.

Anda bisa izin ke toilet dulu atau keluar ruangan untuk berpikir secara jernih dulu. Bila sudah merasa sedikit tenang baru masuk ke ruangan dan beraktivitas seperti biasa.

Jangan Memikirkan Hal yang Lain

Tips selanjutnya adalah coba untuk tidak berpikir mengenai hal yang bisa merusak mood. Pusatkan saja pikiran anda pada pekerjaan yang harus diselesaikan.

Memang hal ini tidak mudah, tapi cobalah memulai dengan hal yang simpel dulu. Seperti contoh mengecek tugas yang mesti dikerjakan hari ini, mulai cicil satu per satu. Dari awalnya yang merasa sedikit berat, lama kelamaan akan tidak terasa sudah mau pulang kantor.

Mendengarkan Musik

Tidak semua perusahaan memperbolehkan karyawannya untuk bekerja sambil mendengarkan musik. Bila perusahaan anda memperbolehkan, maka anda boleh saja mendengarkan musik favorit anda ketika sedang bad mood.

Tapi ingat jangan putar lagu yang sedih juga, yang ada malah makin larut dengan lagu tersebut dan semakin bad mood. Tapi bila perusahaan anda tidak memperbolehkan hal tersebut, cobalah ketika jam makan siang menyendiri sambil mendengarkan musik.

Anda bisa mendengarkan lagu-lagu yang klasik, kemudian lagu slow dengan lirik yang bikin semangat. Kemudian lagu dengan upbeat juga bisa membantu menaikkan mood kembali.

Curhat dengan Rekan Kerja

Mungkin bila anda berada pada lingkungan kerja yang cukup nyaman dengan teman kerja yang asyik juga, anda bisa coba untuk curhat dengan rekan kerja. Hal ini dilakukan bila anda sudah merasa hati anda ini sangat berat.

Pastikan teman curhat ini juga bisa di percaya ya. Apalagi masalah hatimu ini adalah masalah pribadi. Coba untuk curhat dan keluarkan unek-unek anda. Setidaknya ini bisa melegakan perasaan berat di hati.

Nah itu dia tips buat anda agar bisa tetap produktif meskipun sedang bad mood. Ingat, jangan di paksa buat bekerja ya, sebab ini bisa mempengaruhi performa kerja. Coba untuk menenangkan diri dulu agar bisa produktif kembali.