Trik Agar Seorang Fresh Graduate Dapat Lolos Seleksi Lamaran Kerja

0
404
Trik Agar Fresh Graduate Dapat Lolos Seleksi Lamaran Kerja

Trik Agar Seorang Fresh Graduate Dapat Lolos Seleksi Lamaran Kerja – Mencari pekerjaan apalagi seorang fresh graduate merupakan hal yang tidak mudah dan cukup menantang. Sebagai seseorang yang belum memiliki pengalaman kerja, tentu saja anda sebagai fresh graduate harus lebih berpikir kreatif dan cerdik bagaimana agar anda bisa dapat diterima di perusahaan dengan berbagai skill yang dimiliki.

baca juga : Ini Dia Keunggulan Fresh Graduate di Mata Perusahaan

Meski tidak memiliki pengalaman dalam dunia kerja, anda juga bisa mengedepankan skill-skill yang anda pelajari di kampus / perguruan tinggi atau skill dari hobi yang ditekuni.

Berikut ini Beberapa Trik Agar anda bisa lolos lamaran kerja meskipun masih fresh graduate

Memasukan Pengalaman dan Keahlian dengan Jelas

Sebagai seorang fresh graduate yang masih belum memiliki pengalaman kerja, tentunya anda perlu memasukan pengalaman ketika berada di perguruan tinggi seperti pengalaman berorganisasi, kepanitiaan, menang lomba, ataupun sertifikat penghargaan yang didapatkan sehingga bisa menambah nilai plus dalam CV anda.

Perusahaan pada umumnya selalu memperhatikan soft skill dari seorang fresh graduate. Jadi dengan mencantumkan soft skill anda pada CV tentu saja cukup menarik perhatian perusahaan untuk menerima anda di perusahaan.

Latihan Interview

Ada baiknya anda mencoba untuk latihan interview kerja, tidak hanya sekedar membaca pertanyaan tapi langsung dipraktekkan. Hal ini berguna untuk mengurangi gugup ketika anda melakukan wawancara beneran. Disisi lain hal ini juga berguna untuk meningkatkan percaya diri anda. Jadi ketika saat interview, anda sudah benar-benar siap untuk menghadapi interview pekerjaan anda.

Membangun Networking

Sebelum melamar di suatu perusahaan, alangkah baiknya coba untuk melihat koneksi perusahaan tersebut apakah ada salah satu koneksi anda yang bekerja disana. Bila ada, anda bisa bertanya padanya bagaimana kandidat karyawan yang diterima di perusahaan tersebut. Jadi anda bisa mempersiapkan diri dan memperbaiki diri untuk menjadi salah satu kandidat yang dilirik oleh perusahaan.

Melamar Kerja Lebih Cepat

Bila dalam perguruan tinggi sudah mulai semester akhir, sebaiknya anda juga mulai cepat-cepat untuk mencari lamaran pekerjaan. Tidak perlu menunggu hingga wisuda, setidaknya setelah lulus sidang pun anda sudah bisa mulai mencari pekerjaan. Anda bisa menggunakan Surat Keterangan Lulus yang membuktikan bahwa anda sudah lulus dan tinggal tunggu wisuda, dengan surat ini tentu saja meyakinkan perusahaan bahwa anda memang sudah lulus dan siap terjun dalam dunia kerja. Selain itu keuntungan untuk melamar kerja lebih cepat juga agar anda bisa lebih awal di screening oleh HRD dan bisa memanggil mu lebih awal, jadi tidak perlu nganggur hingga wisuda.

Bagi anda yang masih pusing untuk mencari lowongan kerja, anda dapat mulai mencari lowongan kerja di berbagai media platform seperti www.kitakerja.com. Temukan ribuan lowongan kerja dari berbagai perusahaan besar yang siap untuk menerima lamaran anda.