4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Salesperson

0
400
4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Salesperson

4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Salesperson – Salesperson merupakan seseorang yang menjual produk perusahaan. Biasanya salesperson ini sangat ditekankan untuk dapat menjual produk perusahaan agar perusahaan bisa mendapat income. Jadi seorang salesperson pun gampang-gampang susah.

baca juga : 5 Alasan Mengapa Sales Cocok Menjadi Pekerjaan Pertama Kamu

Sebab pastinya tidak akan mudah untuk menjual sebuah produk. Setiap salesperson pasti memiliki strateginya masing-masing untuk dapat menjual produk. Namun terkadang banyak sekali perilaku yang membuat orang enggan membeli produk dari salesperson tersebut.

Berikut ini 4 hal yang tidak boleh dilakukan oleh salesperson agar produk jualannya laku :

Over promise

Over promise artinya memberikan janji berlebihan mengenai produk dan jasa yang ditawarkan, padahal janji tersebut tidak tentu bisa dipenuhi. Biasanya overpromise harus dapat dihindari oelh salesperson karena bisa membuat harapan konsumen tinggi.

Dengan harapan yang tinggi ini maka konsumen akan selalu menuntut janji-janji tersebut kepada salesperson dan bila tidak di penuhi pasti konsumen akan kecewa.

Over promise juga bisa membuat kepercayaan konsumen terhadap salesperson menghilang. Yang pada akhirnya konsumen pun tidak mau melakukan pembelian ulang karena sudah merasa tidak percaya pada sales tersebut.

Berbohong Mengenai Produknya

Demi mendapatkan konsumen, seorang sales biasanya rela berbohong mengenai kualitas dari produk yang dijual. Hal ini tentu saja sangat dilarang dan dapat merugikan orang lain.

Hindari untuk berbohong kepada konsumen agar bisa mendapatkan closing, sebab hal ini juga berpengaruh kepada si sales sendiri. Konsumen yang telah tertipu pasti tidak akan melakukan pembelian ulang lagi, sebab kualitas yang dijanjikan berbeda dengan kenyataannya.

Sampaikan dengan jujur kepada konsumen mengenai kekurangan dari produk, tapi jangan lupa memberi tahu kelebihan dari produk yang dijual.

Terus Menghubungi Calon Konsumen

Banyak salesperson yang terus-menerus follow up calon konsumen. Perlu diketahui menghubungi secara terus menerus bisa membuat konsumen merasa risih dan tidak nyaman.

Solusi nya coba berikan jeda waktu kepada konsumen setelah penawaran harga. Hal ini bertujuan agar konsumen juga bisa membuat keputusan tentang pembelian yang akan dilakukannya. Beritahu juga kepada konsumen untuk akan menghubunginya lagi terkait penawaran produk tersebut.

Menjelek-jelekkan Produk Pesaing

Usahakan untuk tidak menjelekkan produk pesaing untuk meyakinkan konsumen. Hal ini membuat sales tersebut terlihat tidak profesional di mata konsumen. Fokus pada keunggulan dari produk yang dimiliki sekarang. Pahami dengan baik produk yang dijual.

Dengan fokus pada keunggulan dari produk sendiri dan menjawab pertanyaan konsumen dengan tepat, maka tingkat keyakinan konsumen pastinya akan meningkat.

Nah itu dia hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang sales ya. Bila kamu kebetulan menjadi seorang sales, cobalah menghindari hal-hal tersebut agar tidak merusak reputasi kamu menjadi seorang sales.