4 Tips Agar Terhindar Dari Perilaku People Pleaser di Dunia Kerja

0
426
4 Tips Agar Terhindar dari Perilaku People Pleaser di Dunia Kerja

4 Tips Agar Terhindar Dari Perilaku People Pleaser di Dunia Kerja – People Pleaser merupakan sebutan untuk orang yang merasa tidak enakan atau sulit menolak permintaan orang lain. Memang sebenarnya sebagai seorang makhluk sosial kita harus baik kepada siapa saja dan membantu siapa saja yang butuh pertolongan.

Orang-orang biasanya pasti berpikir bahwa people pleaser ini dientik dengna ramah, baik serta suka menolong orang lain. Namun karena hal ini juga malah membuat peribadi merasa kehabisan energi serta rentan stress.

baca juga : Tips Menjadi Pemimpin yang Sukses, Tidak Lempar Kerjaan Loh!

People pleaser ini sering kali berusaha untuk mengutamakan kepentingan orang lain dibandingkan diri sendiri. Perilaku ini cenderung suka menyenangkan orang lain yang mengalami kesulitan sehingga harus mengorbankan diri.

Sebenarnya pada dunia kerja, People pleaser ini harus dilakukan secara wajar agar tidak dirugikan.

Berikut ini tips agar terhindar dari perilaku people pleaser di dunia kerja : 

Membuat Batasan Diri

Menjadi seorang people pleaser pastinya sulit berkata tidak. Terlebih lagi rekan kerja menyuruhmu untuk melakukan hal yang di luar job desk. Contoh mengambilkan kamu kopi, membelikan makan siang. Ini bukanlah pekerjaan anda.

Lambat laun, seorang people pleaser ini akan menjadi kaki tangan orang lain dan akan kehabisan waktu untuk diri sendiri. Maka dari itu perlunya membuat batasan karena anda juga perlu istirahat.

Mengulur waktu

Bila anda menerima permintaan dari rekan kerja, coba anda menjawabnya dengan mengulur waktu, jangan langsung jawab ya. Anda juga bisa menanyakan kembali “Apakah harus dikerjakan sekarang?” kalau rekan kerja memintamu untuk cepat, anda tidak perlu menjawabnya.

Kemampuan menjawab dengan ulur waktu ini tentu membuat pihak lainnya berpikir ulang untuk meminta bantuanmu. Anda bisa menentukan skala prioritas anda. Utarakan secara tegas kata “tidak” tanpa perlu anda berikan alasan.

Memulai dengan menolak dari pesan

Terkadang perasaan sungkan selalu mendominasi people pleaser. Sulit untuk mengatakan kata-kata secara verbal. Memberitahu melalui pesan atau chat tentu akan lebih mudah di pahami. Katakan tidak bila anda sudah tidak bisa menjalani pekerjaan diluar job desk.

Coba belajar berargumentasi secara logis dan menghindari perdebatan yang ada. Tentunya hal ini akan membantu rekan kerja mengetahui batasan yang ingin disampaikan.

Menentukan tujuan dan prioritas

Anda juga perlu membuat pertimbangan, siapa yang akan anda bantu. Pekerjaan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Tidak semua orang yang butuh bantuan itu harus anda bantu. Bila anda berusaha menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh teman anda, lama-lama mereka akan memperalatmu.

Ketika kamu mengetahui tujuan yang ingin di capai, anda perlu menuliskan misi yang perlu diselesaikan terlebih dahulu. Buatlah skala prioritas dan berani mengatakan tidak.

Itu dia tips untuk anda agar bisa mengurangi perilaku people pleaser. Tidak semua hal harus anda selesaikan dan ada kalanya anda harus berkata tidak. Hidup itu pilihanmu, jangan sampai menghabiskan energi harian anda hanya untuk orang lain, pikirkan juga diri anda sendiri.