Selamat Hari Guru Nasional 25 November

0
236
logo-hari-guru-nasional-2023

Selamat Hari Guru Nasional 25 November – Tanggal 25 November ditetapkan sebagai hari guru di Indonesia. Tidak hanya hari guru nasional, tapi juga sebagai Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (HUT PGRI).

baca juga : Pentingnya Bersikap Profesional Dalam Dunia Kerja

Meskipun diperingati pada tanggal yang sama, namun Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ini memiliki perbedaan.

Perbedaan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI

Bedanya adalah latar belakang penetapan peringatannya. Sejarah dari Hari Guru Nasional ini berdasarkan penetapan keputusan Presiden (KEPPRES)  Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional oleh Presiden Soeharto. Dalam KEPPRES Nomor 78 Tahun 1994 disebutkan bahwa Hari Guru Nasional ditetapkan pada tanggal 25 November karena tanggal tersebut merupakan tanggal memperingati HUT PGRI. Tujuannya agar sama-sama memberikan penghormatan kepada guru di Indonesia.

HUT PGRI yang dirayakan setiap 25 November untuk memperingati organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia pada tanggal 25 November 1945. PGRI ini secara resmi dibentuk setelah masa kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 23-25 November 1945 digelar sebuah Kongres Guru Indonesia di Surakarta di Gedung Somaharsana(Pasar Pon), Van Deventer School, Sekolah Guru Puteri (SMP Negeri 3 Surakarta). Hasilnya bahwa setiap guru Indonesia bersatu dalam satu wadah yakni PGRI.

Meskipun begitu, sejatinya kedua peringatan tersebut sama-sama memperingati jasa para guru di Indonesia. Adapun peringatan setiap tahunnya Hari Guru Nasional diperingati oleh Kemdikbudristek RI, sedangkan HUT PGRI diselenggarakan oleh organisasi PGRI.

Hari Guru Nasional 2023 dan HUT PGRI

Peringatan tahun ini, Kemdikbudristek RI telah merilis informasi seputar logo dan juga tema peringatan Hari Guru Nasional 2023. Begitu juga dengan Organisasi PGRI yang telah merilis informasi logo dan tema peringatan HUT PGRI ke-78.

Tema Hari Guru Nasional 2023 ini adalah “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar” dengan tagar #HGN2023, #ceritakurikulummerdeka dan #Terimakasihguruku.

logo-hari-guru-nasional-2023

Sementara untuk Tema HUT PGRI ke-78 adalah “Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju” dengan tagar #PGRIMengabdiNegeri dan #HUTKE78PGRI.

logo-hut-ke-78-pgri