Pengertian dan Manfaat Manajemen Karir

0
582
Pengertian dan Manfaat Manajemen Karir

Pengertian dan Manfaat Manajemen Karir – Manajemen karir sendiri merupakan cara untuk mengatur kebutuhan sebuah perusahaan di masa depan, termasuk salah satunya adalah sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam hal ini, perusahaan dituntut untuk fleksibel dalam memberikan pilihan dan pengembangan karir bagi karyawannya.

Dengan adanya manajemen karir, banyak manfaat yang bisa diterima baik itu untuk perusahaan maupun untuk karyawannya sendiri. Penasaran? Yuk simak langsung penjelasannya berikut ini!

Baca Juga : Terlalu Sering Mengandalkan Orang Lain Bisa Bikin Kamu Jadi Pemalas Loh!

Pengertian dan Manfaat Manajemen Karir

Mempermudah Pemahaman dan Pengembangan Karir

Dengan manajemen karir yang tertata dengan baik, para karyawan akan lebih terbantu dalam mengembangkan karir dan passion mereka masing-masing. Dengan begitu, potensi diri mereka juga akan berkembang dengan baik yang dimana tak hanya menguntungkan untuk diri mereka sendiri namun juga untuk perusahaan.

Memperluas Relasi

Networking atau relasi merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan karir seseorang. Dengan relasi yang luas, karyawan dapat dengan mudah menemukan klien, bernegosiasi, hingga mendapatkan penawaran kari yang lebih menjanjikan.

Meningkatkan Loyalitas Terhadap Perusahaan

Dengan adanya manajemen karir yang baik di sebuah perusahaan, otomatis jenjang karir para karyawan yang bekerja akan lebih jelas dan terukur. Hal ini juga akan berdampak pada loyalitas dari para karyawan terhadap perusahaan karena telah memberi mereka kesempatan untuk belajar hal baru dan berkembang.

Meningkatkan Motivasi Kerja

Dengan jenjang karir yang lebih terjamin dan terarah, hal ini juga akan meningkatkan motivasi kerja para karyawan. Tentunya kontribusi kepada perusahaan juga akan meningkat.

Menekan Tingkat Turnover

Apabila karyawan mendapatkan fasilitas dan pengembanga diri yang mumpuni, tentu mereka akan merasa lebih diterima dan dihargai oleh perusahaan. Hal ini juga dapat membuat karyawan merasa lebih nyaman dan menekan tingkat turnover.