Prediksi Tren Media Sosial di Tahun 2023

0
416
Prediksi Tren Media Sosial di Tahun 2023

Prediksi Tren Media Sosial di Tahun 2023 – Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun dan tahun 2023 sudah tinggal menghitung hari. Saatnya bagi anda para pelaku bisnis untuk menyiapkan strategi bisnis yang tepat, terutama di bidang media sosial.

Penting bagi suatu bisnis untuk beradaptasi dengan tren-tren terbaru di media sosial agar dapat terus bertahan. Bila anda termasuk yang sedang menata karirer di bidang media sosial, yuk simak penjelasan tren media sosial di tahun 2023 berikut ini!

Baca Juga : Trik Agar Seorang Fresh Graduate Dapat Lolos Seleksi Lamaran Kerja

Prediksi Tren Media Sosial di Tahun 2023

TikTok tetap akan mendominasi

Berdasarkan data yang dilampirkan oleh Hootsuite, media sosial di tahun 2023 masih akan didominasi oleh TikTok. TikTok sendiri tidak hanya berkutat di jejaring sosial dan marketing saja, tetapi ingin menjadi media sosial nomor satu di dunia.

Hal ini terlihat dari berbagai inovasi dan fitur dari aplikasi media sosial ini yang semakin berevolusi dan menjadi pelopor fitur-fitur baru jika dibandingkan dengan kompetitornya.

Kini TikTok juga sudah menjadi social commerce yang tengah naik daun berkat fitur belanja atau yang lebih sering kita dengar dengan “keranjang kuning”.

Pengguna aktif TikTok sendiri disinyalir lebih dari 1 miliar pengguna. Angka tersebut menjadi salah satu yang terbesar jika dibandingkan dengan media sosial lain yang sudah lebih dulu hadir.

Instagram dengan video-based content

Instagram sendiri masih menjadi salah satu media sosial yang digunakan oleh brand untuk pemasaran produk mereka, karena:

  • Jumlah pengguna aktif harian Instagram berkisar 1,5 miliar pengguna
  • Pengguna dengan rentang umur 16-24 tahun masih mengungguli TikTok
  • Fitur ads dan social commerce yang sudah dikembangkan bertahun-tahun
  • 62% pengguna menggunakan Instagram untuk riset brand dan produk
  • Jumlah pengguna Instagram Reels mencapai 220 juta pada bulan Juli-Oktober 2022

Menurut Hootsuite, Instagram diprediksi masih akan menjadikan video-based content sebagai fokus utama mereka, khususnya Reels.

Reels sendiri mengandalkan mengandalkan algoritma yang lebih terbuka untuk menjangkau penonton yang lebih luas.

Twitter yang semakin sulit diprediksi

Berbeda dengan kedua media sosial sebelumnya, Twitter menjadi satu-satunya media sosial yang sulit untuk diprediksi pada tahun 2023.

Hal ini tentu disebabkan oleh Elon Musk yang membeli Twitter hingga kabar Twitter akan tutup dan lain sebagainya. Di bawah kepemimpinan Elon Musk, Twitter memang mengalami banyak hal dan sulit untuk diprediksi.

Bahkan saat ini Twitter menerapkan biaya subscription. Meski begitu, Twitter masih ramai digunakan karena lebih terbuka. Hal ini juga yang membuat banyak brand memilih menggunakan Twitter sebagai media untuk monitoring.

LinkedIn yang Berevolusi

Meski awalnya hanya berupa media untuk mencari kerja, kini LinkedIn telah berevolusi menjadi media sosial profesional. Kini LinkedIn juga memungkinkan pengguna untuk mengolah konten personal yang dapat dikelola menjadi lebih profesional.