Realita Miris yang Sering Dihadapi Perempuan di Dunia Kerja

0
369
Realita Miris yang Sering Dihadapi Perempuan di Dunia Kerja

Realita Miris yang Sering Dihadapi Perempuan di Dunia Kerja – Dunia kerja memang tak luput dari masalah antar sesama rekan kerja. Terlebih lagi bagi perempuan yang sebagian diperlakukan tidak adil.

Banyak faktor yang sebenarnya mempengaruhi hal tersebut. Salah satunya adalah pemikiran yang masih kurang terbuka yang dimana menganggap kinerja perempuan masih di bawah pria. Padahal profesionalitas sebenarnya tidak memandang gender. Selain itu masih banyak beberapa hal miris yang seringkali dialami oleh karyawan perempuan di dunia kerja.

Baca Juga : Beberapa Tips Agar Lolos CPNS 2023

Realita Miris yang Sering Dihadapi Perempuan di Dunia Kerja

Diskriminasi gaji

Perempuan seringkali dibayar lebih rendah daripada pria yang memiliki posisi dan pengalaman yang sama.

Kesulitan memperoleh promosi

Terkadang perempuan kesulitan mendapatkan promosi karena adanya stereotip yang menganggap bahwa perempuan kurang ambisius atau kurang mampu memimpin.

Pelecehan seksual

Perempuan seringkali mengalami pelecehan seksual di tempat kerja, baik oleh atasan maupun rekan kerja. Pelecehan ini dapat berupa komentar yang tidak pantas, sentuhan yang tidak diinginkan, atau bahkan pemaksaan seksual.

Kesenjangan pengambilan keputusan

Perempuan seringkali tidak memiliki pengaruh yang sama dengan pria dalam pengambilan keputusan penting di tempat kerja.

Kebijakan cuti yang tidak cukup

Banyak perusahaan tidak menyediakan cuti yang cukup untuk perempuan yang ingin mengambil cuti untuk melahirkan atau merawat anak.

Stereotip gender

Perempuan seringkali dipandang sebagai kurang mampu atau kurang kompeten dalam pekerjaan tertentu karena stereotip gender yang sudah ada.

Kesulitan dalam mempertahankan pekerjaan

Perempuan seringkali kesulitan mempertahankan pekerjaan karena kesulitan menyeimbangkan antara pekerjaan dan tugas rumah tangga atau merawat anak.