4 Point Penting Dalam CV Agar Dilirik HRD

0
412
4 Point Penting Dalam CV Agar Dilirik HRD

4 Point Penting Dalam CV Agar Dilirik HRD – CV telah menjadi kesan pertama yang dilirik HRD ketika anda melempar lamaran. Di CV ini lah anda harus menonjolkan keterampilan, pengalaman serta pencapaian yang telah pernah kamu raih sehingga bisa membedakan diri anda dengan kandidat lainnya.

baca juga : Tipe Format CV yang Paling Tepat Buat Anda

Tapi perlu diingat anda harus tetap bisa memutuskan informasi mana yang harus diprioritaskan dalam CV sehingga anda tidak kewalahan. Terdapat beberapa point penting yang pastinya harus anda prioritaskan dalam sebuah CV

Berikut ini 4 Point Penting dalam CV Agar Dilirik oleh HRD :

Pengalaman

Hal terpenting dalam sebuah CV biasanya adalah pengalaman kerja. Terutama pengalaman kerja yang relevan dengan lowongan kerja yang anda lamar. Pastikan anda memasukkan nama perusahaan, jabatan, serta periode selama anda bekerja.

Anda juga perlu menuliskan deskripsi singkat mengenai pekerjaan serta pencapaian yang telah anda capai ketika bekerja di perusahaan tersebut. Namun bila anda baru saja lulus dan belum memiliki pengalaman kerja, anda masih bisa memasukkan pengalaman magang atau pekerjaan sukarela yang pernah dilakukan.

Meski tidak terkait dengan lowongan kerja yang dilamar,tapi hal itu tetap bisa menunjukkan bahwa anda memiliki kemampuan serta dedikasi tentang hal-hal baru.

Keterampilan dan Pencapaian

Seorang HRD pasti ingin tahu apa yang dapat anda berikan pada perusahaan, jadi pastikan anda memasukkan keterampilan dan prestasi yang pernah anda capai di CV anda. Hal ini bisa berupa soft skill seperti mahir dalam perangkat lunak, bahasa, kepemimpinan ataupun komunikasi.

Untuk pencapaian anda bisa menuliskan seperti meningkatkan penjualan, meningkatkan jumlah traffic website, dsb.

Pendidikan dan Sertifikat

Hal yang tidak kalah penting adalah pastinya pendidikan atau sertifikat. Ini sangat penting sebab terkadang pekerjaan pasti membutuhkan gelar ataupun sertifikat tertentu.

Tulislah pendidikan anda mulai dari nama institusi, gelar serta sertifikat yang diperoleh. Bila anda seorang fresh graduate, coba memasukkan IPK atau penghargaan akademik yang pernah anda terima. Apalagi bila anda pernah mengikuti kursus atau project yang relevan dengan keahlian anda, anda juga bisa memasukannya.

Kegiatan Ekstrakurikuler

Seorang HRD tentunya juga ingin tahu bahwa anda ini berkomitmen untuk mengembangkan keahlian anda. Sertakan kursus atau kegiatan ekstrakurikuler yang pernah anda ikuti.

Hal ini bisa mencakup sebuah organisasi atau klub, komunitas, atau hobi yang relevan sesuai pekerjaan yang anda lamar. Pastikan highlight juga peran anda dalam sebuah project yang telah anda mulai.

CV merupakan tempat anda untuk dapat menunjukkan pengalaman, keterampilan serta pencapaian anda. Pastikan untuk memasukkan semua pengalaman kerja anda, pendidikan serta sertifikasi yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan yang anda lamar. Dengan CV yang berisi informasi penting yang disebutkan di point atas, pasti saja HRD akan langsung melirik CV anda dan mempertimbangkan anda.