Hal Yang Bisa Dilakukan Agar Sukses Jadi HRD Manager

0
101
Hal Yang Bisa Dilakukan Agar Sukses Jadi HRD Manager

Hal Yang Bisa Dilakukan Agar Sukses Jadi HRD Manager – Seperti yang sering dikatakan, HRD merupakan departemen yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Karena HRD dalam kesehariannya lebih sering berinteraksi dengan manusia, tentu dibutuhkan hati yang peduli dengan sesama karyawan untuk menjadi seorang HRD.

HRD juga harus mampu menjembatani hubungan antara karyawan dengan perusahaan. Kebanyakan perusahaan memang mencari HRD dengan latar belakang psikologi maupun hukum. Namun untuk menjadi seorang HRD tidaklah harus selalu berlatar belakang seperti itu.

Seorang HRD haruslah orang yang mudah bergaul, luwes, dan mampu mengayomi dengan hati. Meski memiliki kualifikasi dan latar belakang yang baik, namun bekerja tidak dengan hati dan sikap yang baik malah akan membuat perusahaan menjadi lebih buruk.

Baca juga:


Hal Yang Bisa Dilakukan Agar Sukses Jadi HRD Manager

Hal Yang Bisa Dilakukan Agar Sukses Jadi HRD Manager

Lantas bagaimana supaya seorang HRD Manager bisa sukses? Yuk simak tipsnya berikut ini:

Suka berkomunikasi

Seperti yang sudah disebutkan diatas, seorang HRD Manager haruslah orang yang mudah bergaul. Otomatis HRD Manager akan sering berkomunikasi dengan orang lain. Jika ia saja tidak menyukai komunikasi, bagaimana bisa menyampaikan visi dan misi perusahaan serta mengayomi karyawan lain.

Jadi pendengar yang baik

Tak hanya suka berkomunikasi, seorang HRD Manager juga harus menjadi pendengar yang baik. Dengan begitu, ia dapat mengetahui setiap masalah di kantor baik itu dari sisi karyawan maupun perusahaan dan bisa diselesaikan dengan baik. Karyawan juga akan merasa lebih dihargai karena pendapatnya didengarkan.

Mengerti bahasa tubuh (non verbal)

Saat mendengarkan keluh kesah karyawan, terkadang mereka sulit mengungkapkan dengan kata-kata mengenai masalah yang mereka hadapi. Sebagai HRD Manager, kamu harus mampu membaca dan mengerti bahasa tubuh (non verbal) agar dapat menganalisa masalah yang sedang dihadapinya.

Membaca bahasa tubuh bisa dengan melihat cara karyawan memandang orang lain, bagaimana ia berkomunikasi, dan tanda-tanda lainnya.

Menjembatani antara karyawan dengan perusahaan

Hal yang satu ini merupakan hal yang sangat penting bagi seorang HRD Manager. Demi kelancaran visi dan misi perusahaan, maka karyawan harus bekerja searah dengan visi dan misi yang sudah ditentukan perusahaan.

HRD Manager juga harus memastikan setiap karyawan menerima peraturan yang telah ditetapkan perusahaan.

Berlaku adil

HRD Manager bisa dibilang juga sebagai wakil dari perusahaan. Oleh karena itu, seorang HRD Manager harus bisa berlaku adil baik dalam memberikan reward maupun punishment. Bila karyawan memang layak mendapatkan reward, maka HRD Manager harus memberikannya dengan baik.

Sebaliknya, bila ada karyawan yang melanggar aturan meskipun temannya sendiri, HRD Manager harus bisa memberikan punishment yang benar. Selain itu, HRD Manager juga harus bisa menjadi penasihat yang baik bagi karyawan lain guna memperlancar hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan.