Cara Menyampaikan Kritik Pada Atasan Agar Bisa Diterima dengan Positif

0
549
Cara Menyampaikan Kritik Pada Atasan Agar Bisa Diterima dengan Positif

Cara Menyampaikan Kritik Pada Atasan Agar Bisa Diterima dengan Positif – Setiap manusia pastinya tidak luput dari kekurangan dan juga kesalahan, bahkan seorang atasan juga seperti itu. Meskipun memiliki jabatan yang tinggi, sebenarnya seorang bawahan boleh untuk mengkritik atasannya bila memang kritik tersebut mendukung dan bersifat positif. Tapi perlu di ketahui juga terkadang mengkritik ini kesannya menjadi menyinggung.

baca juga : Begini Cara Mengatasi Atasan yang Tidak Bersikap Adil

Meskipun ia juga manusia biasa pada umumnya, tetap saja seorang atasan harus tetap dihormati oleh bawahannya. Jadi pastikan ketika ingin mengkritik atasan itu harus benar-benar sopan dan juga hati-hati. Perlunya pemilihan kata-kata yang tepat agar tidak terkesan menyinggung.

Berikut ini cara untuk menyampaikan kritik pada atasan agar bisa diterima dengan positif :

Gunakan Bahasa yang Sopan

Menyampaikan kritik tentunya perlu menggunakan bahasa yang lebih sopan dan sehati0hatinya. Dan perlu diingat juga bahwa ia adalah atasan anda, jadi anda perlu tetap menghormatinya. Pemilihan kata-kata yang tepat juga harus bagus, jangan asal-asalan yang berakhir bisa berarti merendahkan atasan anda. Padahal awalnya berniat baik tapi malah menjadi repot karena pemilihan kata yang salah dan anda menjadi tidak disukai di kantor.

Menyampaikan secara privasi

Sebelum mengkritik, lihat dulu situasi dan kondisi yang ada apakah baik atau tidak. Misalnya suasana hatinya apakah lagi bagus dan bisa diajak bicara. Bila tidak mood, sebaiknya anda menundanya terlebih dahulu.

Lokasi juga perlu di pertimbangkan, sebaiknya dilakukan secara privasi dan tidak di ruang terbuka. Dimana mungkin anda dan atasan anda bisa berbicara secara privasi di dalam ruangan atau tempat yang memang sepi.

Sertakan Kritik dengan Saran Positif

Jangan lupa untuk selalu menyertakan kritik dengan saran baik. Saran yang diberikan harus bisa berdampak positif pada jabatannya sebagai atasan. Jadi atasan anda juga bisa menerima kritik dan saran anda serta merasa terbantu adanya masukan dari bawahannya untuk menyelesaikan masalah pekerjaan yang sedang dihadapi. Ingat, atasan juga seorang manusia biasa yang tentunya perlu saran juga dari orang lain.

Itu dia cara untuk menyampaikan kritik pada atasan agar dapat diterima secara positif. Ingat memberikan kritik itu boleh saja ya, asalkan anda menggunakan kata-kata yang sopan dan baik sehingga tidak ada kesan menyinggung sama sekali. Semoga bermanfaat!