Tips Buat Iklan Lowongan Kerja Terlihat Menarik

0
602
Tips Buat Iklan Lowongan Kerja Terlihat Menarik

Tips Buat Iklan Lowongan Kerja Terlihat Menarik – Untuk mendapatkan calon karyawan atau talent terbaik dan berkualitas, tentu dibutuhkan iklan lowongan kerja yang bagus dan menarik pula. Ibaratnya memancing ikan besar memerlukan strategi dan umpan yang baik, memancing calon karyawan atau talent terbaik juga membutuhkan strategi.

Lantas bagaimana caranya? Yuk simak langsung penjelasannya berikut ini!

Baca Juga : Kesalahan Ketika Melakukan Negosiasi Gaji

Tips Buat Iklan Lowongan Kerja Terlihat Menarik

Informasi Selengkap Mungkin

Saat melihat iklan lowongan kerja, tentunya semua orang berharap mendapatkan informasi selengkap dan sedetail mungkin. Jika tidak, maka tidak akan ada yang tertarik dan hanya membaca setengah-setengah saja.

Oleh karena itu, pastikan untuk mencantumkan informasi selengkap mungkin pada iklan lowongan kerja yang anda buat. Salah satunya adalah mencantumkan rincian seputar posisi pekerjaan yang dicari, jabatannya, kualifikasi yang dibutuhkan, hingga rentang gaji yang akan diterima oleh calon karyawan atau talent.

Hal tersebut tentu sangat penting mengingat biasanya informasi tersebut yang dibutuhkan dan dicari-cari oleh calon karyawan.

Iklan Lowongan Kerja yang Talent-Friendly

Iklan lowongan kerja yang baik tidak hanya seputar informasi yang lengkap saja. Untuk apa informasi yang lengkap namun tidak membuat pelamar tertarik dan melamar pekerjaan tersebut.

Cara untuk membuat iklan menjadi lebih talent-friendly adalah dengan memfokuskan target audiensnya, yakni para pencari kerja atau talent. Sebisa mungkin untuk tidak membuat iklan terlalu kaku.

Anda bisa mencoba membuat tulisan pada iklan menjadi lebih conversational. Hal ini dapat membuat iklan terasa lebih hidup dan dapat meningkatkan kemungkinan target audiens membaca iklan hingga selesai.

Tentukan Target Audiens

Bila iklan lowongan kerja sudah lengkap dan talent-friendly, saatnya untuk menargetkan audiens sehingga tak hanya angka konversi saja yang meningkat, namun juga kualitas dari talent yang baik. Namun, hal ini umumnya menjadi tantangan bagi tiap perusahaan karena memang tidak mudah mendapatkan talent yang berkualitas namun juga sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Lantas bagaimana caranya? Anda dapat memanfaatkan poin-poin berikut ini agar audiens yang ditargetkan dapat sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda.

  • Demografis – Cantumkan lokasi kantor dan sistem kerja untuk lowongan tersebut (WFO atau WFH).
  • Umur – Cantumkan berapa tahun pengalaman yang anda butuhkan dari calon karyawan atau talent. Hal ini berguna untuk mengecilkan scope sehingga anda benar-benar mendapatkan calon pelamar yang sesuai dengan kriteria yang anda inginkan.
  • Lingkungan dan Nilai Kerja – Anda bisa menjelaskan bagaimana lingkungan kerja yang disediakan untuk calon karyawan anda. Dengan begitu, calon karyawan atau talent akan tersortir sesuai dengan nilai dan minat yang sama.

Hindari Pendekatan yang Tidak Sensitif

Di era modern ini, hindari penggunaan spesifikasi yang tidak sensitif seperti jenis kelamin, usia, atau agama kepercayaan. Menggunakan spesifikasi yang tidak sensitif tersebut dapat berdampak pada perusahaan anda sendiri.

Hal tersebut juga dapat membatasi calon karyawan atau talent berkualitas untuk melamar di perusahaan anda. Sebaiknya gunakanlah pendekatan yang lebih positif tanpa memandang latar belakang yang diskriminatif.

Gambaran Job Description yang Jelas

Hal terakhir yang paling penting adalah memberikan gambaran pekerjaan atau job description yang jelas kepada calon karyawan. Penjelasan juga harus sederhana, seperti ekspektasi kemampuan yang dibutuhkan untuk posisi pekerjaan yang ditawarkan.

Itulah tips buat iklan lowongan kerja terlihat menarik agar mendapatkan calon karyawan atau talent terbaik. Anda juga dapat pasang iklan lowongan kerja anda di Kitakerja.com untuk mendapatkan calon karyawan atau talent terbaik.