Perhatikan Beberapa Hal ini Agar CV Anda Dilirik HRD

0
34
Perhatikan Beberapa Hal ini Agar CV Anda Dilirik HRD

Perhatikan Beberapa Hal ini Agar CV Anda Dilirik HRD – Curriculum Vitae atau biasa disebut dengan Resume telah menjadi kesan pertama seorang HRD terhadap pelamar kerja. Sayangnya pada jaman sekarang masih banyak pelamar kerja yang menyepelekan CV.

baca juga : 5 Tanda-tanda Karyawan Pemalas di Kantor

Bahkan beberapa pelamar kerja masih belum mengetahui cara membuat CV yang baik. Contohnya para pelamar kerja yang baru saja lulus alias fresh graduate. CV pada dasarnya merupakan ringkasan singkat mengenai pelamar kerja. Pada CV tentunya mencantumkan beberapa pengalaman kerja serta pencapaian dari para pelamar kerja.

Jadi, untuk membuat CV anda dilirik HRD, perlu diperhatikan beberapa hal penting ini :

Memberikan informasi yang jelas dan lengkap

CV tentunya didesain sesuai dengan posisi yang dilamar. Misalnya CV untuk lamaran akuntan, pastinya harus berbeda dengan CV untuk posisi desain grafis. Namun pada intinya, CV juga harus tetap memberikan informasi yang lengkap. CV juga tidak perlu harus berwarna ataupun desain yang memusingkan, malah itu membuat HRD pusing. Lebih baik simple dengan informasi yang jelas dan lengkap.

Memberikan informasi yang dibutuhkan

Pada CV, harusnya berisi informasi yang dibutuhkan seperti nomor telpon atau email agar lebih mudah untuk dihubungi. Terdengar sepele, tapi banyak pelamar kerja yang tidak mencantumkan hal tersebut.

Informasi yang valid

Informasi yang valid disini berarti mencantumkan beberapa informasi yang benar-benar dikuasai oleh pelamar kerja seperti tingkat kemahiran pelamar dalam suatu bidang, ataupun bahasa yang dikuasai.

Foto yang Jelas

Tidak lupa untuk menyertakan foto diri anda pada pojok kiri ataupun kanan CV, tidak perlu ukuran besar, cukup ukuran yang standard dan bisa dilihat dengan jelas. Hindari menggunakan latar belakang foto yang aneh, apalagi menggunakan filter. Lebih baik menggunakan foto yang natural saja dan rapi.

baca juga : Jangan Lupa! Pertanyaan Ini Wajib Ditanyakan Ketika Wawancara

Nah sekian dari beberapa hal yang perlu diperhatikan pada CV. Dengan begitu, HRD pasti akan langsung melirik CV anda dan bila melewati kualifikasi, maka anda akan langsung dipanggil. Nah bila CV anda sudah siap, yuk upload CV anda di kitakerja.com dan langsung melamar pada lowongan kerja yang anda cari!