4 Sikap Bijak Untuk Hadapi Rekan Kerja yang Suka Ngatur

0
364
4 Sikap Bijak Untuk Hadapi Rekan Kerja yang Suka Ngatur

4 Sikap Bijak Untuk Hadapi Rekan Kerja yang Suka Ngatur – Bekerja sama dengan rekan kerja dalam satu tim tidak selalu berjalan mulus. Pasti ada saja kesalahpahaman. Terkadang bisa juga tidak sependapat dan bahkan memiliki pandangan yang jauh berbeda denganmu.

Belum lagi ada satu tim yang kerjaannya suka ngatur saja. Seenaknya memerintah dan mengatur pekerjaan dalam tim tanpa menanya pendapat dalam satu tim. Tentu saja ini membuat rasa kerja sama tim menjadi tidak nyaman. Yang ada malah produktivitas bekerja jadi turun. Meski begitu, kita tetap harus profesional dan tidak boleh emosi

Berikut ini sikap bijak yang dapat anda ikuti untuk menghadapi rekan kerja yang suka ngatur

Berusaha Tenang

Coba untuk bersikap tenang dan tidak terpancing emosi. Bijak dalam menyikapi hal ini bukan karena kita takut, tapi demi masa depan karir kita juga. Emosi tidak selalu menyelesaikan masalah. Percayalah, emosi hanya akan membuat anda lelah, coba untuk kendalikan emosi anda dan tetap bersikap tenang.

Membuat Batasan Perihal Pekerjaan

Anda perlu juga membuat batasan yang jelas-jelas soal perihal pekerjaan saja agar ia tidak ikut campur pada tugas anda. Bersikap tegas juga perlu bila sebelumnya bicara baik-baik tapi dia masih ngelunjak.

Maka dari itu jangan pernah ragu memberikan pendapat anda. Berikan jawaban yang logis serta masuk akal. Bila perlu, siapkan data juga agar bisa mendukung pendapat anda. Hal ini berguna agar dia sadar kalau dia sudah melewati batas.

baca juga : Cara Bijak Sikapi Atasan yang Toxic

Berikan Respon yang Sopan Serta Profesional

Sebagai seorang pekerja yang berpendidikan, tentu memberikan respon sopan kepada rekan kerja adalah hal yang sangat wajar. Hadapi dirinya dengan profesional. Berikan ia jawaban yang tidak melenceng dari pekerjaan ketika ia sedang mengatur.

Sekalipun ia tetap ngeyel, anda harus dapat bisa meresponnya dengan konteks yang sama agar akar permasalahan bisa selesai dengan tepat.

Mengingatkan Pentingnya Kerja Sama Tim

Rekan kerja yang suka mengatur tentu sangat tidak nyaman. Apalagi anda serta rekan kerja lainnya tidak setuju dengan aturan atau pendapat yang ia berikan.

Anda perlu mengingatkan ke dia bahwa saat ini berada pada satu tim, bukan bekerja individu. Jadi anda tegaskan kepada dia juga bahwa perlu adanya pendapat dari rekan kerja lain yang perlu didengar serta di pertimbangkan demi kerja sama tim yang baik.

Menghadapi rekan kerja yang suka ngatur dalam satu tim tentu bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu anda juga tidak bisa membiarkan dia mengaturnya begitu saja. Sikapi dengan bijak perilaku rekan kerja tersebut dan tetap bersikap profesional demi masa depan karir anda yang baik.