4 Tips Manajemen Waktu Ketika di Kantor

0
379
4 Tips Manajemen Waktu Ketika di Kantor

4 Tips Manajemen Waktu Ketika di Kantor – Dalam mengerjakan sesuatu apalagi di kantor pasti akan melakukan semaksimal mungkin demi hasil yang terbaik. Tapi realita nya seseorang sering kali bekerja keras sampai akhirnya kelelahan.

baca juga : Tips Buat Anda Pegawai Shift Malam dalam Mengatur Waktu Tidur

Hal ini sangat perlu dihindari sebab cukup menguras tenaga serta kesehatan anda. Maka dari itu anda perlu untuk memanajemen waktu kerja anda. Jadi tidak bekerja keras, melainkan bekerja secara cerdas.

Berikut ini 4 tips buat anda agar bisa memanajemen waktu ketika bekerja di kantor :

Menetapkan Batas Waktu

Untuk setiap tugas yang dikerjakan, coba untuk berikan batas waktu. Hal ini untuk memastikan pekerjaan yang dikerjakan ini selesai tepat waktu dan tidak dibiarkan.

Tapi perlu diingat juga, memberikan batas waktu ini sesuai dengan kesulitan pekerjaan yang dikerjakan. Jangan dibikin tidak sesuai realita yang ada, yang ada malah percuma dan akan selalu mengextend waktu kerja anda.

Mengutamakan Tugas Utama

Prioritaskan tugas utama anda merupakan salah satu trik manajemen waktu. Coba selesaikan tugas yang penting dan memang diperlukan terlebih dahulu.

Soalnya dalam dunia kerja ini terkadang masih ada saja orang yang mengerjakan tugas yang lebih susah dulu padahal itu bukan prioritas utama. Sebenarnya lebih baik mengerjakan tugas itu berdasarkan prioritas, mana yang paling dekat deadlinenya atau sangat dibutuhkan secepat mungkin. Nah itu duluan lah yang dikerjakan.

Menghindari Multitasking

Memang multitasking itu hal yang sangat bagus, tapi dalam manajemen waktu coba untuk hindari multitasking. Sebab hal ini akan melibatkan peralihan pada diri kita sehingga membuat tugas yang dikerjakan kurang maksimal.

Lebih baik fokus pada satu pekerjaan dulu, gunakan seluruh tenaga pada satu pekerjaan dulu agar hasilnya maksimal, kemudian lanjut ke tugas lainnya. Bila mengerjakan semua tugas secara bersamaan tentu akan lebih efisien waktu, tapi hasilnya akan kurang memuaskan dan bahkan membuat diri kita kelelahan.

Berani Untuk Berkata Tidak

Setiap tugas yang diberikan pasti ada deadlinenya sendiri. Dalam dunia kerja, coba untuk berani mengatakan kata “Tidak” demi menjaga work-life balance yang sehat.

Sebab terkadang meskipun pekerjaan yang anda lakukan sedang dikerjakan dan tiba-tiba ada kerjaan tambahan, pasti anda akan merasa jengkel. Yang sebenarnya tugas utama anda bisa selesai dalam 1 jam lagi gara-gara tugas tambahan malah menjadi dua jam.

Cobalah untuk berkata “tidak”, disini bukan berarti egois ya, tapi anda perlu juga menyelesaikan tugas utama anda dulu. Bila tugas utama anda sudah selesai dan memang masih ada waktu, nah anda boleh saja menolong teman atau pekerjaan orang lain yang belum selesai.

Itu dia tips buat anda agar bisa memanajemen waktu di kantor. Cobalah untuk menerapkan hal ini dengan baik. Tetap semangat ya!