Tips Buat Anda Pegawai Shift Malam dalam Mengatur Waktu Tidur

0
344
Tips Buat Anda Pegawai Shift Malam dalam Mengatur Waktu Tidur

Tips Buat Anda Pegawai Shift Malam dalam Mengatur Waktu Tidur – Setiap pekerjaan selalu memiliki tantangan tersendiri. Bukan dari deskripsi pekerjaan yang dikerjakan, tapi melainkan waktu kerja juga menjadi sebuah tantangan. Apalagi mereka pegawai yang bekerja shift malam.

baca juga : Manfaat Konsumsi Teh Chamomile untuk Kesehatan Pekerja

Kerja pada sistem shift ini tentu saja sebuah tantangan, apalagi anda mendapatkan shift malam pasti akan terkendala dengan waktu tidur. Ketika menjalankan shift malam pastinya bila belum terbiasa akan merasa sangat ngantuk dan jam tidur pun menjadi tidak teratur. Maka dari itu terdapat beberapa tips buat anda pegawai shift malam agar dapat mengatur waktu tidur.

Berikut ini tips mengatur waktu tidur untuk shift malam

Jadikan Tidur itu Prioritas Utama

Coba prioritaskan jam tidur anda, berusahalah untuk mendapatkan jam tidur yang cukup. Contoh bila terkadang sudah melakukan shift malam, tapi ketika pagi dan siang merasa tidak ngantuk dan berakhir tidak tidur. Jangan lakukan itu, sebab sangat merusak kesehatan anda. Cobalah untuk berusaha tidur setidaknya sesuai dengan jam tidur minimal delapan jam. Hal ini tentu akan membuat tubuhmu lebih fit dan tidak kelelahan.

Hindari Sinar Lampu Ketika Tidur

Setelah menyelesaikan pekerjaan pada malam hari, pasti akan merasa kesulitan untuk tidur, salah satunya mungkin karena adanya sinar lampu di ruangan. Coba untuk menutup lampu ketika ingin tidur sebab dengan ruangan yang cukup gelap mampu membantu anda untuk bisa tidur.

Tidur Dengan Durasi yang Lebih Lama

Shift malam bukanlah hal yang mudah dilakukan. Rasa ngantuk malam hari tentu sangat mengganggu anda, namun ketika pagi hari atau selesai shift malam, pasti anda merasa sulit untuk tidur. Sebaiknya cobalah untuk berusaha tidur dan tidurlah dengan durasi yang lebih lama atau minimal sesuai dengan jam tidur yang dianjurkan. Sebab dengan durasi tidur yang lama dan waktu tidur yang sesuai, dapat mengembalikan kondisi fisik tubuh anda dan membuat anda tidak begitu lelah.

Sehabis Pulang Kerja Langsung Tidur

Sepulang kerja dari shift malam, sangat disarankan langsung pulang dan tidur. Jangan pergi ketempat lain lagi atau bahkan menonton film. Kondisi tubuh yang tidak tidur semalaman tentu sangat lemah dan berdampak pada kesehatan kedepannya. Jadi sangat disarankan langsung tidur, meskipun merasa tidak bisa tidur, tetap tutup mata dan mematikan lampu kamar. Tubuh kita sendiri tentunya masih butuh istirahat, jadi dengan anda tetap memaksa tidur serta dapat tertidur dengan waktu yang lama, tentu tubuh akan lebih segar dan tidak kelelahan.

Ingat bagi anda para pekerja shift malam, tidur telah menjadi prioritas penting dalam hidup. Jangan sampai tubuh anda ambruk karena kurang tidur. Pastikan tetap tidur dengan minimal jam tidur yang dianjurkan agar tubuh tetap fit dan tidak kelelahan.