4 Tips Mencairkan Suasana di Kantor

0
386
4 Tips Mencairkan Suasana di Kantor

4 Tips Mencairkan Suasana di Kantor – Terkadang suasana kantor sangat mempengaruhi kinerja kerja seseorang. Bila suasana kantor sangat runyam, maka kinerja karyawan terkadang bisa cukup turun dan bahkan menyelesaikan pekerjaannya dengan kurang baik.

baca juga :

Maka dari itu, sebuah kantor yang nyaman tentu memberikan efek yang sangat positif untuk karyawan sehingga dapat semangat dalam mengerjakan pekerjaannya. Apalagi bila anda seseorang yang memegang jabatan di kantor, tentunya bisa menciptakan suasana kantor yang lebih menyenangkan sehingga para karyawan lainnya bersemangat.

Berikut ini cara untuk mencairkan suasana di kantor :

Mendengarkan Musik

Cobalah untuk memberikan kebebasan sedikit kepada karyawan dengan memberikan izin untuk boleh mendengarkan lagu ketika bekerja. Terkadang mendengarkan musik ini bisa memberikan semangat lebih kepada para karyawan. Namun anda juga harus tetap mengingatkan bahwa jangan melebihi batas yang terlalu bebas. Bagaimanapun anda sebagai pemegang jabatan ini harus dapat mengontrol karyawan dalam kondisi tersebut.

Mengadakan Makan Bersama

Mengadakan makan bersama tentu sudah menjadi salah satu cara mudah untuk mencairkan suasana di kantor. Makan bersama bisa dibilang sebagai reward untuk membangun suasana yang lebih positif dalam lingkungan kerja. Hal ini bisa saja dilakukan setahun sekali, tidak hanya ketika karyawan mendapatkan performa maksimal saja, tapi anda juga bisa mengadakan makan bersama untuk mendekatkan diri pada karyawan lainnya.

Makan bersama ini pun tidak harus pergi ke restoran mahal atau menyewa ballroom. Makan bersama bisa direalisasikan juga dengan memesan makanan ke kantor dan dibagi bersama satu kantor. Namun tetap ingat untuk segera membersihkan makanan agar kantor tetap bersih.

Memberikan Fasilitas yang Nyaman

Fasilitas sudah menjadi hal yang penting dalam kantor agar bisa memanjakan karyawannya. Dengan menyediakan beberapa fasilitas seperti ruang santai, ruang hiburan, tentu saja kantor ini akan sangat nyaman serta diminati oleh para karyawan. Fasilitas ini tentu sangat berguna untuk karyawan yang mungkin sudah penat dengan kerjaan dan ingin refreshing sebentar, ruang hiburan dan santai ini bisa dijadikan tempat buat mereka bersantai sejenak.

Namun tentunya jangan memberikan kebebasan yang berlebihan pada karyawan. Tentu saja terkadang ada karyawan yang menggunakan ruang ini sebagai tempat bermain dan mengabaikan pekerjaannya. Tetap ingatkan pada karyawan untuk menggunakan ruang ini sedemikian rupa, jangan sampai karena adanya fasilitas ini membuat kinerja karyawan turun.

Bercanda Dengan Karyawan

Beradaptasi telah menjadi hal yang penting dalam dunia sosialisasi, tentunya hal ini juga berlaku dalam dunia kerja. Cobalah untuk lebih dekat dengan karyawan lainnya, bisa saja dimulai dari candaan antar karyawan. Tentu saja hal ini membuat adanya pendekatan terhadap karyawan lainnya.

Bercanda dengan karyawan tentu saja dapat mencairkan suasana di kantor. Namun ingat jangan terlalu berlebihan. Bercanda tentu saja membuat kantor tidak tegang, jadi sedikit-sedikit bercanda lebih baik. Selain itu bercanda juga cukup meringankan beban para karyawan yang lagi stress dengan kerjaannya.

Nah kantor yang nyaman tentu saja akan membuat karyawan lebih betah. Pekerjaan juga bisa tuntas lebih lancar berkat suasana kantor yang sangat mendukung. Fasilitas tidak perlu mewah-mewah, cukup yang sederhana saja yang penting karyawan tetap nyaman serta mampu bekerja dengan maksimal.