Peluang Kerja yang Cocok Untuk Jurusan Teknik Informatika

0
97
Peluang Kerja yang Cocok Untuk Jurusan Teknik Informatika

Peluang Kerja yang Cocok Untuk Jurusan Teknik Informatika – Jaman modern sekarang ini lulusan jurusan Teknik Informatika semakin banyak peluang kerja yang menanti mereka. Kemajuan teknologi saat ini membuat skill dan pengetahuan yang dimiliki oleh lulusan Teknik Informatika sangat dibutuhkan oleh berbagai industri.

baca juga : Pilihan Karier yang Cocok Untuk Anda Lulusan Sistem Informasi

Berikut ini Peluang Kerja yang Cocok Untuk Jurusan Teknik Informatika

Web Developer

Prospek kerja yang dinantikan oleh lulusan Teknik Informatika adalah Web Developer. Web Developer merupakan spesialisasi dalam bidang pengembangan aplikasi world wide web atau aplikasi HTTP di web server. Posisi sebagai web developer ini dapat dikerjakan secara penuh waktu atau paruh waktu. Biasanya pengetahuan yang dibutuhkan sebagai Web Developer adalah HTML/XHTML, CSS, Java Script. Selain itu juga harus dapat menguasai Server, programming framework seperti Python, PHP, Ruby, dan Java.

Mobile Application Developer

Prospek kerja lainnya yaitu sebagai Mobile Application Developer. Posisi ini bertugas untuk membuat, menguji, dan memprogram aplikasi untuk smartphone terutama dalam sistem operasi Android dan iOS. Lulusan teknik informatika harus mempelajari bahasa pemrograman dan software development environment yang mereka pilih. Pada saat ini banyak sekali mobile platform yang memiliki bahasa inti masing-masing seperti Java untuk Android dan Objective-C untuk iOS.

Software Engineer

Software Engineer mengaplikasikan prinsip pengelolaan dan optimalisasi software seperti analisis informatika dan matematika dalam desain, development, maintenance hingga testing software komputer. Jenis software yang dibuat biasanya sistem operasi dan network distribution.

IT Consultant

Posisi ini bertugas untuk menerapkan strategi teknologi informasi pada sebuah perusahaan. Biasanya IT Consultant ini memberikan saran kepada klien mengenai penggunaan teknologi informasi secara efisien untuk mencapai tujuan perusahaan. Walau terlihat menarik, posisi ini cukup menantang. IT Consultant harus memiliki kemampuan analisis yang kuat untuk memahami masalah klien.

System Analyst

System Analyst merupakan posisi dimana seseorang bertugas untuk mendesain solusi dalam arsitektur teknologi informasi. Mereka diwajibkan untuk melakukan modifikasi dan juga pengoptimalan sistem untuk mengintegrasi fitur fitur agar lebih efisien.

Data Scientist

Posisi ini bertugas untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang berharga menggunakan algoritma dan machine learning. Data tersebut nantinya digunakan oleh pihak manajemen perusahaan untuk melakukan perencanaan strategi bisnis dan evaluasi ulang produk.

baca juga : Begini Etika Mencari Kerja Ketika Masih Menjadi Pegawai Aktif

Ini dia peluang kerja untuk lulusan jurusan Teknik Informatika. Tidak perlu khawatir bila anda masuk dalam jurusan ini, nyatanya jurusan ini sangat diminati oleh banyak perusahaan. Pengetahuan lulusan Teknik Informatika sangat dibutuhkan pada jaman modern ini. Menarik ? Yuk cari lowongan kerja teknik informatika di Kitakerja!