4 Tips Menulis Headline Artikel, Dijamin Viral!

0
247
4 Tips Menulis Headline Artikel, Dijamin Viral!

4 Tips Menulis Headline Artikel, Dijamin Viral! – Apakah anda seorang penulis atau content creator? Tentunya sangat menyenangkan bila tulisan atau content yang anda tulis ini dibaca oleh banyak orang. Pada umumnya sebuah tulisan atau content itu bisa ramai karena headline yang menarik serta isi yang bermanfaat.

baca juga : Suka Duka Menjadi Seorang Customer Service

Nah headline yang dimaksud disini biasanya disebut sebagai judul. Judul ini tentunya harus sinkron dengan isi konten, jangan judulnya A tapi isi kontennya malah B. Yang ada malah menimbulkan bounce rate alias orang yang masuk langsung keluar dari artikel anda.

Berikut ini 4 Tips Buat Anda Dalam Menulis Headline Artikel Biar Viral

Tentukan Dulu Targetnya

Nah hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah target pembaca. Kira-kira umur berapa pembaca anda ini. Bila para pembaca artikel anda ini kaum remaja, coba gunakan bahasa yang tidak begitu kaku agar mudah dipahami.

Dengan memahami karakter pembaca, tentu saja anda bisa menulis dengan gaya bahasa yang sesuai.

Buat Headline Dengan Kata Tanya

Setelah tentukan targetnya, coba memasukkan kata tanya pada headline. Pada dasarnya kata tanya seperti mengapa, bagaimana, dsb ini bisa menarik minat para pembaca.

Tapi perlu diingat lagi, kalau pertanyaan yang tercantum dalam headline tentunya harus berhubungan dengan artikel anda ya.

Menggunakan Angka

Nah menggunakan angka pada headline judul juga sangat dapat menarik perhatian para pembaca. Berdasarkan penelitian dari Neil Patel, disebutkan bahwa headline artikel dengan angka ini biasa lebih banyak dibaca.

Sebab dengan adanya angka, maka calon pembaca ini sudah memiliki perkiraan kira-kira berapa lama mereka akan membaca artikel ini. Jadi disarankan tidak untuk menaruh angka lebih dari 9 pada sebuah artikel panduan atau langkah-langkah. Karena calon pembaca pasti akan merasa malas bila sebuah artikel tersebut memiliki banyak poin. Sebab ini akan memakan waktu serta otak sulit mencerna.

Berikan Janji

Terakhir, coba berikan janji pada calon pembaca. Seperti contohnya “Dijamin ampuh”, “pasti viral”, dsb. Sebab kata-kata janji ini biasanya cukup menarik perhatian para pembaca untuk membaca isi dari artikel.

Namun perlu menjadi catatan bahwa headline ini perlu didukung dengan riset serta penelitian yang terbukti agar janji yang diberikan ini tidak hanya sekedar janji manis. Bila tidak terbukti malah yang ada jadinya hoaks atau clickbait saja.

Nah itu saja tips jitu buat anda para penulis agar bisa mendapatkan banyak pengunjung dalam artikel yang anda tulis. Semoga dengan mengikuti tips ini, artikel anda semakin rame dilihat oleh orang ya. Semangat!