Kenali Perbedaan influencer dengan Brand Ambassador

0
320
Kenali Perbedaan influencer dengan Brand Ambassador

Kenali Perbedaan influencer dengan Brand Ambassador – Seringkali orang-orang kesulitan dalam membedakan antara influencer dengan brand ambassador. Sekilas memang keduanya hampir sama, namun sebenarnya terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

Influencer sendiri adalah orang yang memberikan pengaruh terhadap opini pasar ataupun suatu industri. Sedangkan brand ambassador adalah duta merek yang mewakili suatu perusahaan atau brand dalam mempromosikan produk brand tersebut. Lantas bagaimana membedakan keduanya? Yuk simak langsung berikut ini!

Baca Juga : Suka Duka Menjadi Seorang Customer Service

Kenali Perbedaan influencer dengan Brand Ambassador

Promosi Merek

Keduanya memang bertanggung jawab dalam mempromosikan suatu merek secara publik. Keduanya juga sama-sama memiliki kekuatan dalam mempengaruhi keputusan seseorang dalam membeli sesuatu. Perbedaannya hanya ada di bentuk kemitraannya.

Kemitraan

Cara paling mudah untuk membedakan influencer dan brand ambassador adalah influencer adalah influencer mewakili brand hanya dalam waktu yang singkat, sedangkan brand ambassador memiliki kontrak yang lebih detail dan jangka waktu yang lebih lama.

Influencer Tak Harus Banyak Followers

Tak seperti brand ambassador, influencer sendiri tidak terlalu terpatok pada angka followers. Setidaknya terdapat 3 jenis influencer, yakni:

  • Selebriti

Kategori ini memang memiliki jangkauan yang lebih luas karena selebriti biasanya memiliki followers hingga jutaan. Namun biasanya memiliki keterlibatan dengan pengikut yang lebih rendah.

  • Makro-influencer

Kategori ini memiliki followers di atas 100 ribu, namun kurang dari 1 juta. Tingkat jangkauan dan keterlibatan dari kategori ini sedang.

  • Mikro-influencer

Kategori ini memang memiliki jangkauan dan audiens yang lebih sedikit, biasanya dalam skala ribuan hingga puluhan ribuan. Meski begitu, kategori ini memiliki tingkat keterlibatan dengan pengikut yang paling tinggi.