5 Pekerjaan yang Cocok Bagi Lulusan Ilmu Komunikasi

0
399
5 Pekerjaan yang Cocok Bagi Lulusan Ilmu Komunikasi

5 Pekerjaan yang Cocok Bagi Lulusan Ilmu Komunikasi – Salah satu jurusan yang cukup banyak diminati mahasiswa Indonesia adalah ilmu komunikasi. Ilmu komunikasi memang sangat dibutuhkan di banyak industri saat ini. Penyerapan prodi yang satu ini ke dunia kerja juga tergolong cukup mudah karena memang banyak dibutuhkan.

Namun dibutuhkan persiapan yang cukup matang karena tingginya tingkat masuk ke jurusan ilmu komunikasi ini. Selain itu, di era yang semakin canggih ini juga lebih menuntut lulusan ilmu komunikasi yang lebih berkualitas. Lantas pekerjaan apa saja yang bisa menjadi pilihan bagi para lulusan jurusan ilmu komunikasi? Yuk simak langsung berikut ini!

Baca Juga : Hal Penting yang Perlu Dilakukan Ketika Merasa Malas Bekerja

5 Pekerjaan yang Cocok Bagi Lulusan Ilmu Komunikasi

Reporter TV

Salah satu pekerjaan yang banyak menjadi incaran mahasiswa ilmu komunikasi adalah reporter. Seperti yang kita tahu, reporter bertugas meliput, melaporkan, hingga mewawancarai narasumber. Kebanyakan reporter memang merupakan lulusan jurnalistik.

Public Relations

Public Relations atau lebih sering disebut PR juga menjadi pilihan utama para mahasiswa ilmu komunikasi. PR sendiri bertugas menjalin kerja sama dengan media dalam mengadakan siaran pers ataupun konferensi pers.

Image sebuah perusahaan berada di tangan seorang  PR yang handal. Oleh karena itu, setiap sektor industri pasti membutuhkan PR profesional.

Penyiar Radio

Pilihan karir untuk jurusan ilmu komunikasi selanjutnya adalah penyiar radio. Seorang penyiar radio tentu membutuhkan kemampuan komunikasi di atas rata-rata dan lulusan ilmu komunikasi merupakan salah satunya.

Sutradara Film

Seorang sutradara film juga dituntut untuk memiliki skill komunikasi yang baik. Tak hanya itu saja, kemampuan menulis skenario dan narasi dari lulusan ilmu komunikasi juga sangat dibutuhkan di dunia perfilman, khususnya untuk seorang sutradara film.

Pembuat Konten / Content Creator

Tak bisa dipungkiri, di era yang serba canggih dan mudah ini banyak sekali orang yang bercita-cita ingin menjadi pembuat konten atau lebih sering disebut dengan content creator. Membuat konten lalu mempromosikan di berbagai platform seperti Youtube, Instagram, dan yang paling baru TikTok memang membutuhkan skill komunikasi yang baik. Pekerjaan yang satu ini juga membutuhkan komitmen dan konsistensi yang tinggi agar bisa berhasil.