Begini Tips Jitu Cari Kerja Untuk Fresh Graduate

0
179
Begini Tips Jitu Cari Kerja Untuk Fresh Graduate

Begini Tips Jitu Cari Kerja Untuk Fresh Graduate – Buat kalian yang baru saja menyelesaikan perjuangan selama 4 tahun di bangku kuliah, selamat datang di dunia kerja yang sebenarnya. Sekarang adalah waktunya untuk menerapkan ilmu yang sudah dipelajari selama 4 tahun.

Namun seperti yang kita tahu, cari info lowongan kerja bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi di saat kondisi pandemi saat ini. Semakin banyak persaingan dalam mencari pekerjaan karena banyak pekerja yang di-phk.

Lantas apa yang harus dilakukan oleh fresh graduate agar cepat mendapatkan pekerjaan? Yuk simak tips berikut ini.

Begini Tips Jitu Cari Kerja Untuk Fresh Graduate

Kenali kemampuan dan potensi anda

Setelah belajar selama 4 tahun, tak jarang seseorang belum mengetahui kemampuan dan potensi dari dirinya. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui apa kemampuan dan potensi kalian sebenarnya.

Dengan mengetahui kemampuan dan potensi yang dimiliki, kalian bisa menentukan pekerjaan yang tepat dengan lebih mudah.

Buat CV yang sesuai

Sebelum melamar pekerjaan, hal pertama yang harus dipersiapkan tentu adalah CV. Dalam membuat CV, sebaiknya sesuaikan dengan jenis pekerjaan yang akan dilamar.

Pastikan juga kalian menjelaskan data diri secara detail dan jelas. Jelaskan juga daftar kemampuan atau skill yang kalian miliki. Hal tersebut dapat menjadi nilai jual anda dibandingkan orang lain.

Penggunaan alamat e-mail yang baik

Meski terlihat sepele, seringkali pelamar kerja kehilangan kesempatan karena penggunaan e-mail yang tidak tepat. Padahal kebanyakan perusahaan juga memberikan penilaian terhadap alamat e-mail yang kalian gunakan.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan alamat e-mail atas nama anda sendiri. Hindari meminjam e-mail dan penggunaan e-mail yang aneh atau alay.

Jangan terlalu pemilih

Tak ada salahnya memilih tempat atau jenis pekerjaan yang sesuai dengan keinginan. Namun jangan sampai menutup diri untuk kesempatan yang mungkin saja lebih besar. Cobalah untuk melamar ke beberapa perusahaan sekaligus. Kalian bisa menjadikan perusahaan lain sebagai alternatif atau cadangan bila perusahaan yang diincar gagal.

Gunakan aplikasi pencari pekerjaan

Mencari pekerjaan sekarang sudah lebih mudah. Begitu banyak aplikasi dan website pencari kerja yang dapat membantu anda saat ini. Kalian bisa dengan mudah menemukan informasi lowongan kerja di berbagai kota.

Gunakan aplikasi dan website tersebut untuk menjangkau peluang dan kesempatan yang lebih luas.

Itulah beberapa tips jitu cari kerja untuk fresh graduate. Semoga bermanfaat!