Ketahui Ciri Fresh Graduate yang Sulit Memperoleh Pekerjaan, Apakah Anda Salah Satunya?

0
401
Ketahui Ciri Fresh Graduate yang Sulit Memperoleh Pekerjaan, Apakah Anda Salah Satunya?

Ketahui Ciri Fresh Graduate yang Sulit Memperoleh Pekerjaan, Apakah Anda Salah Satunya? – Menjadi seorang fresh graduate tentunya memiliki tantangan penting, apalagi dalam mencari pekerjaan. Mencari pekerjaan untuk zaman sekarang ini sebenarnya masih bisa dikatakan cukup sulit.

baca juga : Ini Dia Keunggulan Fresh Graduate di Mata Perusahaan

Banyak sekali kriteria yang diminta oleh perusahaan kepada calon karyawan. Maka dari itu seorang fresh graduate ini mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.

Berikut ini ciri fresh graduate yang sulit memperoleh pekerjaan

Pengalaman yang Minim

Fresh graduate tentunya tidak memiliki pengalaman apapun. Tidak hanya itu, prestasi juga hanya sebatas prestasi masa kuliah saja. Tidak begitu pengaruh banyak kedepannya.

Terkecuali bila prestasi anda ini berhubungan dengan lowongan pekerjaan yang anda lamar. Pastinya masih cukup berguna. Biasanya pihak perusahaan selalu mempertimbangkan fresh graduate melalui pengalaman atau prestasi yang ada pada CV. Bila misalnya tidak ada, palingan perusahaan hanya akan memberikan gaji yang rendah saja.

Masih Pasif

Terkadang sifat seseorang sulit untuk diubah. Apalagi seorang fresh graduate yang barusan saja tamat, tentu saja memiliki beragam sifat yang dimiliki. Ada aja yang karakter pemalu, ada juga yang berkarakter pasif.

Biasanya tipikal begini sulit untuk memperoleh pekerjaan. Alasannya karena dalam dunia kerja tentunya tidak boleh bersikap pasif. Sebab akan menyulitkan interaksi antar rekan kerja.

Selalu Memikirkan Uang

Mengharapkan gaji besar memang penting, tidak munafik. Sebab dunia ini memang apa-apa perlu uang. Namun bila terlalu berorientasi pada uang juga sangat buruk. Apalagi uang menjadi fokus utama padahal status masih fresh graduate.

Selama masih menjadi seorang fresh graduate, cobalah untuk mencari pengalaman sebanyak mungkin. Bila pengalaman sudah banyak, prestasi dalam pengalaman tersebut juga ada, maka anda bisa mempertimbangkan urusan gaji.

Idealis Pada Pekerjaan

Seorang fresh graduate biasanya masih memiliki ekspektasi tinggi pada sebuah pekerjaan. Terkadang fresh graduate jaman sekarang selalu melihat sosial media dan melihat ada saja konten kreator yang memposting soal dunia kerja di sebuah perusahaan. Pastinya ini membuat si fresh graduate ini memiliki imajinasi serta ekspektasi tinggi.

Pada dasarnya dunia kerja tidak seindah yang ada di sosial media. Hal ini tentu akan membuat para fresh graduate bergengsi tinggi sehingga menyulitkan mereka untuk mencari pekerjaan. Jadi janganlah bersikap idealis.

Memang masih banyak masalah tersendiri untuk para fresh graduate. Namun hal-hal ini lah yang dapat membuat fresh graduate semestinya belajar untuk memperbanyak pengalaman.